Washington Tingkatkan Operasi Bawah Tanah Melawan Venezuela

Penulis dan jurnalis Venezuela, Eva Golinger, menyebutkan adanya Washington untuk megintensifkan operasi bawah tanah untuk mendestabilisasi pemerintahan demokratis di Venezuela.

Eva Golinger menyebutkan sebuah laporan tahunan dari Office of Transition Initiatives (OTI), sebuah divisi dalam US Agency for International Development (USAID), mengenai operasinya di Venezuela.

Disebutkan, OTI telah menginvestasikan dana sebesar $9.29 juta USD untuk mendukung kebijakan luar negeri AS dan mempromosikan demokrasi di bangsa Amerika Selatan.

“Dana itu meningkat 2 juta USD dibanding tahun terakhir sebesar 7,45 USD, yang disalurkan untuk mendanai aktivitas politik anti-Chavez di Venezuela,” tulis Eva Golinger di blog pribadinya, postcards from the revolution.

Operasi Bawah Tanah OTI

Dalam sebuah memo rahasia bertanggal 22 januari 2002, Russell Porter, kepala OTI, telah mengungkapkan bagaimana dan mengapa USAID membuat toko di Venezuela.

OTI telah didirikan untuk bekerjasama dengan berbagai kelompok, serikat buruh, LSM, dan partai politik kanan di Venezuela. Atas nama “pemulihan demokrasi”, mereka telah bekerja bahu-membahu untuk memancing kekeruhan politik di Venezuela.

National Endowment for Democracy (NED), organisasi reaksioner buatan AS lainnya, mempunyai program 900 ribu USD di Venezuela untuk bekerjasama dengan NDI, IRI, dan solidarity center untuk memperkuat partai politik dan serikat buruh di Venezuela.

Sejak OTI hadir di Venezuela, jutaan dollar telah mengalir ke tangan partai kanan, serikat buruh kanan, LSM, dan media massa untuk memulai membakar api konflik di Venezuela. Mereka menyebut proyek ini sebagai “promosi demokrasi”, yang pada kenyataannya adalah usaha kudeta terhadap Chavez.

Jalur Dana Rahasia

Aliran dana USAID/OTI untuk membantu kelompok oposisi Venezuela tetap rahasia. Ketika OTI membuka kantornya di Venezuela di tahun 2002, ia dikontrak oleh perusahaan swasta AS, Development Alternatives Inc (DAI).

DAI aktif menggelontorkan uang dari kantornya di El Rosal—semacam wall streetnya Caracas—untuk diserahkan kepada ratusan organisasi yang tidak diketahui di Venezuela.

Dari tahun 2002-2010, lebih dari 600 kali “hibah kecil’ disalurkan kantor DAI untuk kelompok anti-chavez, jurnalis, dan media massa kanan.

Disamping itu, USAID kini telah bekerjasama dengan kedubes AS di Caracas untuk menjalankan operasi “kudeta kecil” di Venezuela.

Operasi Psikologis

USAID bukan hanya agen AS untuk mengintervensi urusan dalam negeri Venezuela. Dalam anggaran Pentagon 2011, telah dibuat permintaan untuk menjalankan “program operasi psikologis” untuk komando selatan (USSOUTHCOM), yang mengkoordinasikan seluruh kekuatan militer AS di Amerika Latin. Salah satunya adalah “program suara PSYOP”.

PSYOP merupakan program yang dirancang untuk menyeleksi informasi dan indikator bagi pendengar asing untuk memancing emosi mereka, motif, alasan objektif, dan akhirnya perilaku pemerintahan asing, kelompok, ataupun individu.

PSYOP menjalankan radio dan audio untuk mempropagandakan agenda pemerintah AS.

Program ini juga melakukan disinformasi dan menyeleksi berita untuk menjatuhkan pamor pemerintahan progressif di Amerika latin.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut