Solidaritas Mengalir Untuk Buruh PT. First Media

Buruh yang tergabung dalam FNPBI PT. First Media masih menggelar aksi pendudukan di kantor Disnaker Tangerang. Ini adalah foto aksi hari pertama, Senin (13/5/2013)

Perjuangan buruh yang tergabung dalam Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) PT. Firts Media mendapat dukungan dari sejumlah serikat buruh.

“Sejak beberapa hari lalu, banyak sekali kawan-kawan dari serikat buruh yang mendatangi kami dan memberikan solidaritas,” kata Ketua FNPBI PT. First Media, Jery Elsa Saputra, Kamis (30/5/2013).

Menurut Jery, serikat buruh yang bersolidaritas tersebut juga memberikan dukungan moral kepada buruh First Media dalam melawan praktek outsourcing di PT. First Media.

Diantara serikat buruh yang memberikan solidaritas, yakni Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Gaspermindo, dan Serikat Buruh Nusantara (SBN-KASBI).

Tak hanya itu, dukungan solidaritas juga datang dari Aliansi Tangerang Raya, yang merupakan gabungan dari puluhan serikat buruh seperti FSBKU, KSN, SBM, SBSI 1992, GASPERMINDO, KSBSI,KEP SPSI, SBPS, SBJP, SPTP Tuntex, Serabutan, dan SPTP Tung Mung.

Bahkan, ungkap Jery, pada hari Selasa (4/6) mendatang, Aliansi Tangerang Raya akan menggelar aksi besar-besaran untuk menolak praktek outsourcing, termasuk di PT. First Media.

“Kami akan berkumpul di kantor Disnaker, lalu ke kantor First Media, dan kemudian akan memblokir tol Karawaci menuju Jakarta. Ini merupakan bentuk perlawanan kaum buruh atas praktek outsourcing,” tegasnya.

Siapkan Gelar Perkara

Sementara itu, Jumat (31/5), buruh First Media akan mengikuti gelar perkara di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tangerang. Gelar perkara tersebut akan dihadiri oleh Polda, Polres, Buruh, dan PPNS.

“Kami sudah membuat berita acara ke PPNS. Besok rencananya gelar perkara,” kata Jery.

Agenda gelar perkara besok adalah persoalan yang dialami oleh buruh First Media, terutama terkait pelanggaran hak normatif kaum buruh dan praktek union-busting.

Ulfa Ilyas

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut