Kantor SRMI Garut Diserang Preman

Kantor Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) di Pury Gandasari, Jl. Raya Munjul, Desa mangkurakyat, Kec. Cilawu, Garut, Jawa Barat, diserang oleh sekelompok preman, tadi malam (29/6), sekitar pukul 21.30 WIB.

Menurut informasi yang didapatkan Berdikari Online, para pelaku penyerangan yang berjumlah delapan orang langsung mendobrak pintu dan menyerbu masuk ke dalam ruangan. Selain itu, saat melakukan penyerbuan, para preman itu membawa senjata tajam berupa samurai dan golok.

Ketua SRMI kabupaten Garut, Muhamad Aip, menceritakan, ketika penyerangan itu berlangsung, empat orang anggota SRMI sedang berdiskusi. “Kami langsung keluar ketika preman menerobos masuk. Kami diselamatkan dan dilindungi oleh warga,” katanya.

Para penyerang itu juga mengancam akan menggorok leher para aktivis SRMI. “Mereka mengancam mau menggorok leher kami. Tapi pakai bahasa sunda,” katanya.

Menurut dugaan Aip, aksi penyerangan oleh preman ini terkait aktivitas SRMI mengadvokasi dan memperjuangkan nasib korban gempa. “Karena bantuan gempa itu tidak terealisasi, maka kami dan korban gempa berkali-kali menggelar aksi di kantor Bupati,” terang Aip.

Lebih lanjut, Aip menjelaskan, pihak pemda sendiri sudah mengaku melakukan kesalahan pada saat pendataan korban gempa itu. “Ada korban gempa yang seharusnya menerima bantuan tetapi tidak menerima bantuan apapun,” tegasnya.

Terkait kejadian ini, aktivis SRMI akan melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian dan meminta tanggung-jawab aparat penegak hukum itu untuk memberi perlindungan kepada SRMI dan rakyat korban gempa.

Terkait siapa kelompok yang menyerang, Aip sendiri belum bisa memastikan dengan benar. Dirinya dan tiga anggota SRMI lainnya langsung meloloskan diri ke rumah warga, sehingga tidak bisa melihat secara pasti wajah para pelaku penyerangan.

Kerugian dan kerusakan kantor SRMI juga belum bisa diperkirakan. Mengingat sebagian besar pengurus masih berada di bawah perlindungan warga.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut