Pentingnya Menggalakkan Rapat Akbar

Dahulu, di jaman pergerakan anti-kolonial, rapat akbar menjadi sarana penting untuk membangun kesadaran rakyat. Rapat akbar juga menjadi sarana mengumpulkan dan memobilisasi massa rakyat.

Aktivis Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) kembali menekankan pentingnya rapat akbar itu. Pada hari Minggu (4/3) kemarin, pengurus SRMI Kabupaten Bogor menggelar diskusi untuk membahas soal ini.

“Dalam berorganisasi, rakyat perlu digenjot kesadaran politiknya. Salah satunya melalui rapat akbar yang rutin,” terang Ruhiyat Saujana, Ketua SRMI kabupaten Bogor, saat diskusi berlangsung.

Menurut Ruhiyat, selama ini banyak rakyat miskin yang belum mengetahui apa yang menjadi hak-hak dasarnya dan bagaimana cara memperjuangkannya. Dengan berorganisasi, rakyat punya kesempatan untuk mengetahui hak-haknya dan cara memperjuangkannya.

Akan tetapi, bagi Ruhiyat, proses berorganisasi itu tidak bisa berhenti di situ. “Organisasi harus mampu memberi penerangan lebih lanjut antara persoalan sosial-ekonomi dengan persoalan politik secara umum,” kata Ruhiyat.

Dan, metode yang paling sering di pergunakan SRMI untuk pendidikan politik massal semacam itu adalah rapat akbar. Biasanya, rapat akbar digelar di kampung-kampung, agar rakyat luas bisa berpartisipasi.

“SRMI menjadikan rapat akbar sebagai metode mendidik rakyat. Di situ rakyat berdiskusi secara terbuka. Kita juga terkadang mengundang narasumber untuk membahas persoalan-persoalan yang dihadapi rakyat,” kata Ruhiyat.

Ruhiyat sendiri punya keinginan besar memperluas SRMI di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor. Hari itu, SRMI Kabupaten Bogor baru saja struktur baru di kecamatan Ciampea. Abdul Adjid dan Kemas Firmansyah masing-masing terpilih sebagai ketua dan sekretaris DPKc SRMI Ciampea.

Selain dihadiri oleh pengurus dan anggota SRMI Ciampea, diskusi ini juga dihadiri oleh sejumlah organisasi pemuda, seperti GP Anshor, Karang Taruna Merah Putih, dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Jefri Siboro

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut