Dukung Palestina, Maradona: Saya Palestina!

Legenda sepak bola Argentina, Diego Armando Maradona, bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, di Rusia, Sabtu (15/7/2018).

Pertemuan yang berlangsung jelang final Piala Dunia 2018 itu berlangsung hangat. Keduanya berpelukan erat, lalu Maradona menyampaikan dukungannya terhadap perjuangan rakyat Palestina.

“Dalam hati saya, saya Palestina,” kata bintang Argentina itu sambil menunjuk dadanya.

Abbas balik memuji Maradona dan memberinya hadian sebuah lukisan bergambar burung merpati membawa ranting zaitun.

Usai pertemuan singkat itu, Maradona memposting foto dirinya bersama Mahmoud Abbas, disertai sebuah catatan kaki berbahasa Spanyol.

“Orang ini menginginkan perdamaian di Palestina. Presiden Abbas, anda punya negara dan berhak,” tulis Maradona di akun instagramnya.

Maradona memang dikenal sangat loyal mendukung perjuangan rakyat Palestina. Dia terang-teranganya menyatakan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina.

“Saya adalah pendukung nomor satu rakyat Palestina,” katanya di tahun 2012. “Saya menghargai mereka dan bersimpati dengan mereka.”

Di tahun 2014, ketika Israel menyerang Gaza, Maradona melontarkan pernyataan keras. “Apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina sangat memalukan,” katanya.

Di tahun yang sama, muncul kabar burung bahwa Maradona ditawari menjadi pelatih oleh Asosiasi Sepak Bola Palestina untuk Piala Asia 2015, tetapi tidak terwujud.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut