Sore ini, Long-March Petani Jambi-Mesuji Tiba Di Jakarta

Berkat semangat juang yang tak kenal menyerah, aksi long-march sejauh 1000 km yang dilakukan petani Jambi dan Mesuji diperkirakan akan tiba di Jakarta sore (22/1) ini.

“Kalau tak ada aral melintang, insyah Allah, petani Jambi dan Mesuji akan menginjakkan kaki di Jakarta sore ini,” ujar Ahmad Muslimin, kader Partai Rakyat Demokratik (PRD) yang turut berjalan kaki bersama dengan petani.

Menurut Ahmad, begitu tiba di Jakarta sore nanti, para petani akan berjalan menuju depan kantor Kemenhut RI, di jalan Gatot Subroto, tempat ratusan petani Jambi lainnya sudah menginap selama hampir 3 bulan.

Tadi pagi, petani Jambi dan Mesuji memulai aksi jalan kakinya sekitar pukul 05.15 WIB. “Kita Cuma minum air putih sedikit, terus mendapat briefing dari korlap aksi, lantas kita mulai jalan lagi,” kata Ahmad.

Begitu tiba di jalan Daan Mogot, Batu Ceper, Tangerang, para petani  disambut oleh ratusan kaum buruh dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI). Setelah itu, para petani diboyong ke sekretariat KASBI.

“Kami langsung dibawa ke sekretariat kawan-kawan KASBI. Di sana kami dijamu sarapan pagi. Kami sangat senang, bahwa gerakan buruh sangat besar sekali solidaritasnya terhadap kaum tani. Kaum buruh banyak sekali membantu kami di jalan,” ujar Ahmad Muslimin.

Usai sarapan pagi, para petani menggelar diskusi bersama dengan ratusan angota KASBI. Mereka berdiskusi tentang persoalan yang dialami rakyat Indonesia dan pentingnya solidaritas dan persatuan, khususnya di kalangan kaum buruh dan tani.

Sementara itu, hujan cukup deras masih mengguyur kota Tangerang. Hingga berita ini diturunkan, para petani sedang bersiap-siap untuk melanjutkan aksinya menuju Ibukota Republik Indonesia, Jakarta. Hari ini merupakan hari ke-42 petani Jambi menggelar aksi jalan kaki.

Menurut rencana, begitu tiba di Jakarta sore ini para petani akan menuju ke kantor Menteri Kehutanan RI di Jalan Gatot Subroto. Mereka akan disambut oleh para petani dan aktivis gerakan rakyat.

Lalu, petani Jambi dan Mesuji akan beristirahat. Rabu besok (23/1), petani bersama dengan rakyat Jakarta akan menggelar rally bersama menuju Istana Negara. Di sana, petani akan menyampaikan tuntutan mereka, yakni menuntut SBY menyelesaikan konflik agraria di Indonesia.

Selain itu, petani menuntut pemerintahan SBY segera menjalankan pasal 33 UUD 1945 dan UUPA 1960.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut