Lula dan Kandidat Partai Buruh Masih Difavoritkan Para Pemilih

BRAZIL: Kandidat penerus Lula Da Silva, Dilma Rousseff, memimpin perolehan suara berdasarkan jajak pendapat dengan selisih 8 point dari pesaing utamanya.

Rousseff dari Partai Buruh (PT) meraih 41 persen suara dukungan, melawan 33% untuk calon oposisi, Jose Serra, mantan gubernur negara bagian Sao Paulo dari Partai Demokrasi Sosial Brasil (PSDB), menurut rilis investigasi yang dikeluarkan oleh Vox Populi pada hari Jumat.

Kandidat dari parta hijau (PV) hanya mengumpulkan 8% suara dukungan.

Dalam jajak pendapat Vox Populi sebelumnya, dirilis pada bulan Juni, Rousseff memenangkan 40 persen dukungan, sedangkan Serra adalah 35 persen, dan Silva hanya delapan persen.

Sementara itu, para pemilih yang menolak calon oposisi masih lebih tinggi dibanding Rousseff dalam survei Juli, dengan 24 persen responden mengatakan mereka tidak akan memilih Serra. Angka tersebut belum berubah bulan Juni.

Sebanyak 20 persen responden mengatakan mereka tidak akan memilih Silva, sedikit naik dari 19 persen pada bulan Juni. tingkat penolakan Rousseff turun 18-17 persen pada bulan Juli.

Rousseff lebih populer di wilayah timur laut, salah satu daerah termiskin di Brasil, yang mana dia mengantongi dukungan sebanyak 54 persen, sedangkan Serra hanya 24 persen dan Silva hanya 5%.

Di daerah selatan yang lebih maju, Serra mengumpulkani 39 persen dukungan, sedangkan Rousseff hanya 35% dan tujuh persen untuk Silva.

Di wilayah Tenggara yang berpopulasi lebih padat, Serra juga akan memenangkan jajak pendapat, dengan dukungan 36%, sedangkan 34 persen dimiliki Rousseff dan Silva 10 persen.

Menurut jajak pendapat, Rousseff lebih disukai baik oleh pemilih laki-laki maupun perempuan. Sebanyak 43 persen laki-laki yang diwawancarai mengatakan bahwa mereka akan memilih Rousseff, sementara dari 34 persen mengatakan mereka akan memilih Serra dan tujuh persen untuk Silva.

Di antara kaum perempuan, Rousseff mengumpulkan sebanyak 38 persen dukungan, sedangkan Serra mempunyai 32 persen dan Silva adalah sembilan persen.

Survey Vox Populi juga menunjukkan bahwa peringkat persetujuan terhadap Presiden Lula mencapai 78 persen pada bulan Juli. Sebanyak 29 persen menganggap bahwa pemerintah saat ini sangat baik, 49 persen dianggap baik, dan 18 persen dianggap biasa.

Jajak pendapat dilakukan antara Juli 17 dan 20, melibatkan 3000 orang. Ia memiliki margin kesalahan 1,8 persen. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Tags:
  • mahmudah kalla

    mantap,,,jangan merasa besar kepala .seharus nya berjuang terus untuk bisa mewakili kaum tertindass..