Ratusan Petani Dan Mahasiswa Di Jakarta Gelar Aksi Solidaritas Untuk Rakyat Bima

Ratusan petani dari Jambi, Riau, mahasiswa, dan belasan warga asal NTB melakukan aksi di depan Gedung DPR RI sebagai protes terhadap kebrutalan aparat di pelabuhan Sape, Bima, NTB, Sabtu (24/12).

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi pendudukan pelabuhan oleh warga yang tergabung dalam Front Rakyat Tolak Tambang (FRTT) dibubarkan secara brutal oleh aparat kepolisian. Dilaporkan lima orang meninggal dunia, puluhan luka-luka, dan puluhan lain ditangkap.

Abas Subuh, ketua Suku Anak Dalam dari Jambi, dalam orasinya mengatakan bahwa kejadian ini membuktikan aparat kepolisian sudah tak punya rasa perikemanusiaan. Ia juga menceritakan pengalaman di tanah kelahirannya saat penggusuran rumah penduduk Suku Anak Dalam dilakukan aparat untuk kepentingan perusahaan perkebunan.

Sementara Nuraini Ilir, salah seorang warga Bima yang hadir, mengatakan bahwa saat ini negara telah menjadi alat bagi pemodal. Sementara para pejabat dan politisi tidak punya kepedulian terhadap persoalan rakyat.

Selanjutnya, Nuraini mengatakan, tragedi hari ini merupakan gambaran nyata dari persoalan yang dihadapi rakyat di berbagai daerah. “Persoalan rakyat di Bima sama dengan persoalan Bapak-bapak dan Ibu-ibu tani dari Riau dan Jambi yang sudah berhari-hari melakukan aksi di sini. Jadi layak bila kita saling mendukung dan bersolidaritas,” ujarnya.

Senada dengan Nuraini, Ketua Umum Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Arif Fachrudin Achmad, mengatakan peristiwa ini sudah melibatkan institusi, bukan lagi perkara oknum.

Di akhir orasinya ia mengajak peserta aksi untuk mengheningkan cipta untuk menghormati para korban yang jatuh dalam tragedi tersebut. Seperti diketahui, salah satu korban meninggal bernama Ansari alias Owen adalah kader LMND Bima.

LMND adalah salah satu organisasi yang paling konsen berjuang di tengah-tengah rakyat Bima melawan kerakusan perusahaan tambang. Di bawah payung Front Rakyat Anti Tambang, LMND dan rakyat Bima bahu-membahu mengorganisir perlawanan.

DOMINGGUS OKTAVIANUS

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • AJISTA

    kami..( LMND KOTA MAKASSAR,dan Organ2 simpatisan lainx jg melakukan Aksi solidaritas d depan MONUMEN MANDALA MAKASAR,td sore pkl 14….dan d tutup dengan sholat Ghaib Bung…malam ini juga lg d bangun Konsolidasi besar2an untk meresponx kmbali dalam geran “GERNAT” GERAKAN NASIONAL ANTI TAMBANG….