Inilah Isi Maklumat Relawan Jokowi

Pada tanggal 15-17 Mei ini, relawan Jokowi yang tergabung dalam Komunitas Juang Relawan Jokowi menggelar Jambore di  bumi perkemahan Cibubur, Jakarta.

Jambore yang menghadirkan ribuan relawan tersebut juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (16/5). Kepada Presiden Joko Widodo, para relawan mengajukan maklumat yang berisi lima tuntutan, yaitu:

Pertama, Perlunya konsolidasi politik dan konsolidasi birokrasi sesegera mungkin agar pemerintahan dapat berjalan dengan lebih efektif.

Kedua, Perlunya dilakukan evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan yang tidak mendukung implementasi Tri Sakti dan Nawacita, yang menjadi mandat bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketiga, Mendesaknya kebutuhan untuk melakukan evaluasi dan penguatan terhadap kabinet agar dapat bekerja secara efektif dan sejalan dengan semangat Tri Sakti dan Nawacita.

Keempat, Perlunya dipastikan agar pembangunan ekonomi dan percepatan proyek-proyek infrastruktur dilakukan dalam semangat berdiri di atas kaki sendiri. Dimana modal asing diletakkan sebagai pelengkap terhadap kekuatan modal nasional, bukan sebagai sumber utama.

Kelima, Perlunya sesegera mungkin dilahirkan berbagai kebijakan dan program yang mendorong produktivitas rakyat sebagai penyangga ketahanan ekonomi dan sarana untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, di hadapan para relawan, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa dirinya tidak khawatir popularitasnya turun akibat kebijakan yang tidak populer, padahal kebijakan tersebut untuk kebaikan masyarakat.

“Waktu mengalihkan subsidi BBM November lalu, saya diingatkan bahwa kebijakan mengalihkan ini menghilangkan subsidi dan popularitas jatuh, itu resiko dan tidak ada masalah,” katanya.

Presiden menyakinkan bahwa setiap perubahan didahului dengan pengorbanan. “ saya siap tidak populer, saya siap dimaki-maki jangan dipikir Jokowi itu penakut. Ini memang kerja jangka menengah dan jangka panjang tetapi semuanya memang memerlukan pengorbanan,” tegasnya.

Kepada relawan, Jokowi berharap agar menjadi penyambung lidah Presiden dalam menjelaskan berbagai program pemerintah. “Kalau ada suara miring tolong diluruskan. Sebetulnya seperti ini, nantu golnya yang terakhir ini, bila tidak nanti jadi isu dan jadi rumor yang tidak baik,” kata presiden.

Komunitas Juang Relawan Jokowi merupakan gabungan dari sejumlah organisasi relawan pendukung Jokowi-JK saat Pilpres lalu, seperti Cemara 19, Bara JP, Pospera, Kawan Jokowi, Relawan Merah Putih, Gerakan Nasional Rakyat, Sekber Jokowi, Kebangkitan Indonesia Baru, Seknas Jokowi, Relawan Rakyat Merah Putih, Cakra Naga, Gerakan Relawan Indonesia, Arus Bawah Jokowi, Srikandi Jokowi dan EP for Jokowi.

Ida Saraswati

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut