Seratusan Orang Ikuti Pendidikan Politik PRD Kupang

Partai politik seyogianya bisa memberikan penyadaran politik kepada rakyat luas. Sebab, politik tidak dapat diselenggarakan tanpa kesadaran dan partisipasi politik rakyat. Sementara partai tidak bisa memperjuangkan cita-cita politiknya tanpa dukungan massa.

Menyadari hal tersebut, Komite Pimpinan Kota Partai Rakyat Demokratik (KPK PRD) kota Kupang menggelar pendidikan politik di Kampung Uibona, Kelurahan Kolhua, Kota Kupang, Minggu (17/5/2015).

Pendidikan politik ini diikuti oleh seratusan peserta, yang mewakili petani, mahasiswa, dan pemuda. Selain itu, pendidikan ini mengambil tema “Membangun persatuan nasional berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 menuju masyarakat adil makmur tanpa penindasan manusia atas manusia dan bangsa atas bangsa.”

Ketua KPK PRD Kupang Wanandi Kabu menjelaskan, pendidikan politik tersebut bukan sekedar untuk pemenuhan syarat formil untuk perekrutan anggota baru partai, melainkan juga sebagai sarana penyadaran politik kepada anggota partai.

“Partai politik bukan institusi politik yang hanya berfunggsi sebagai mesin pemilu, partai politik sebagaimana jiwa dan semangat PRD adalah sebagai alat perjuangan kolektif bagi seluruh rakyat  dalam mewujudkan kesejahteraan bersama seluruh rakyat,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Wanandi, pendidikan politik ini juga untuk peningkatan kualitas anggota partai, sehingga bisa menjalankan kerja-kerja kepartaian dengan baik.

“Pendidikan ini memberi tahu tentang sejarah partai, program perjuangan partai, metode perjuangan dan cara kerja organisasi partai, sehingga setiap anggota dan kader partai bisa bekerja sebaik-baiknya untuk kemajuan partai,” tegasnya.

Salah seorang peserta pendidikan, Fransisca M. Nuk, mahasiswa dari kelurahan Oeba, kecamatan Kota Lama, mengaku sangat senang mengikuti pendidikan politik PRD.

Pendidikan PRD sangat santai, sederhana, namun sangat berguna bagi saya sebagai modal untuk dapat bekerja sebagai aktivis PRD di tengah-tengah rakyat” tandasnya.

Pendidikan politik PRD ini berisi tentang sejarah PRD, kenapa harus bergabung dengan PRD, AD/ART PRD, konsep membangun Republik Indonesia Keempat, pidato Ketua Umum PRD untuk Kongres ke-8, dan kerja pengorganisiran dan penstrukturan partai.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut