Harga Cabe dan Bawang Melangit Di Pekanbaru

Seorang ibu rumah tangga, Ibu Rianti namanya, mengaku sangat kaget ketika mengetahui harga cabe telah naik berkali-kali lipat di pasar tempat ia sering berbelanja, yaitu pasar kodim Pekanbaru.

Menurut pantauan Berdikari Online, beberapa jenis kebutuhan pokok di Pekanbaru telah merangkak naik, dan kenaikan tertinggi terjadi pada harga cabe dan bawang, yaitu naik 45-50%. Jika sebelumnya harga cabe hanya di kisaran Rp 22-23 ribu per-kg, maka sekarang ini harga cabe sudah mencapai Rp 35-40 ribu per-kg. Harga bawang merah juga mengalami kenaikan, yaitu dari Rp16 ribu per-kg kini menjadi Rp24-25 ribu per-kg.

Pejabat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Megah Miko, menyatakan bahwa kenaikan harga, terutama bawang dan cabe, disebabkan oleh banyaknya kegagalan panen akibat musim hujan.

Selain persoalan gagal panen, tambah Miko, penyebab kenaikan harga bawang dan cabe adalah mendekatnya hari raya natal dan tahun baru, dimana ada peningkatan permintaan yang cukup signifikan.

Sementara itu, pengamat soal kemiskinan, Agun Sulfaira menyatakan bahwa pemerintah tidak bisa terus-menerus menyalahkan iklim, sebab kenaikan sembako terjadi sepanjang waktu, tidak hanya di musin penghujan.

Menurut Agun Sulfaira, penyebab kenaikan harga adalah penyerahan sepenuhnya distribusi sembako kepada mekanisme pasar. Akibatnya, kata Agun, harga komoditas sangat terpengaruh oleh aksi-aksi spekulan.

Untuk mengatasi persoalan ini, menurut Agun, pemerintah harus melakukan intervensi pasar, mengatur jalur distribusi, dan memerangi spekulasi.

Salah satu tawaran Agun, yang sangat mirip dengan cara Chavez di Venezuela, ialah pendirian depot-depot sembako di setiap perkampungan rakyat. Depot sembako ini akan menghubungkan produsen, yaitu kaum tani dan usaha rumah tangga, dengan konsumennya; rakyat.

Karena jalur distribusinya tidak terlalu panjang, dan negara juga turut membantu di dalamnya, maka harganya pun akan dipatok dengan murah.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut