Amerika Latin Rayakan Ulang Tahun Fidel Castro

Penyanyi dan musisi dari berbagai negara Amerika Latin tampil di teater Karl Marx, Havana, Kuba, malam ini (13/8) sebagai bagian dari pentas besar untuk memperingati 85 tahun kelahiran pemimpin revolusi Kuba, Fidel Castro.

Diantara yang tampil adalah Raly Barrionuevo dan Lilian Herrero (Argentina), Pancho Villa (Chile), Marcela Perez Silva (Peru), Ricardo Flecha (Paraguay), Braulio Lopez dan Daniel Viglitti (Uruguay), Cecilia Todd (Venezuela), Antonio Ostos (Venezuela), Yordanka Kristova (Bulgaria) dan band Pueblo Nuevo (Ekuador).

Tampil pula artis-artis Kuba seperti Maria Victoria Rodriguez, Tony Avila, Raul Torres, Vicente Feliu dan Manuel Argudin. Hadir pula Omara Portuondo, penyanyi grup Buena Vista Social Club yang baru saja meraih penghargaan Grammy.

Acara ini bertajuk “Serenata de la FIDELidad” (serenade of Fideliity). Selain konser musik, ada juga pertunjukan balet dan berbagai bentuk kesenian yang digelar oleh rakyat di berbagai pelosok Kuba.

Fidel Castro sendiri tidak hadir dalam pementasan itu. Tetapi wakil presiden dewan negara Kuba Jose Ramon Machado Ventura kemungkinan akan hadir atas nama pemerintah Kuba. Hadir pula pemimpin gerakan Sandinista Tomas Borge dan Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino.

Menurut informasi, acara pementasan itu diselenggarakan oleh Yayasan Guayasamin, sebuah yayasan yang mengambil nama pelukis besar Ekuador, Oswaldo Guayasamin, teman karib Fidel Castro.

Surat dan pesan solidaritas untuk Ultah Fidel berdatangan dari seluruh dunia. Koran-koran progressif, seperti Correo del Orinoco (Venezuela), Mathaba (Libya), Aporrea.org, Global Research (Michel Chossudovsky), dan Rebellion.

Banyak orang yang mengira, setelah Fidel Castro tidak berada di tampuk kekuasaan, maka selama revolusi Kuba akan mengendor dan sosialisme pun akan meluntur. Akan tetapi, semua perkiraan itu terbantahkan.

Peringatan 50 tahun peristiwa teluk babi, pada 17 April lalu, memperlihatkan bagaimana parade rakyat Kuba tetap mengelu-elukan nama Fidel Castro dan sekaligus menegaskan komitmen rakyat Kuba untuk melanjutkan pembangunan sosiaalisme.

Dalam kongres Partai Komunis Kuba pertengahan April lalu, sekalipun ada dorongan kuat untuk menjalankan reformasi ekonomi, tetapi seluruh peserta kongres bersepakat untuk memperkuat komitmen untuk memperdalam pembangunan sosialisme.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut