Nikaragua: Langkah Baru Pembangunan Energi

Managua: Nikaragua memiliki lebih banyak sumber daya untuk mempercepat pembangunan sektor energi dan memperkuat kemandirian dalam menghasilkan energi listrik, demikian pernyataan yang muncul setelah terjadi kesepakatan antara pemerintaha Sandinista dan dua lembaga keuangan internasional.

Dalam upacara yang dipimpin oleh presiden Daniel Ortega, perwakilan pemerintah, dan perwakilan Bank Pembangunan Inter-Amerika (IDB) dan Bank Amerika Tengah Untuk Integrasi Ekonomi (CABEI), ditandangani dokumen pinjaman untuk masing –masing 30,5 juta USD dan 25,4 juta USD, dari keduanya.

Mirna Lievano, perwakilan IDB, menjelaskan bahwa tujuh organisasi asing lainnya akan bergabung dan meningkatkan jumlah investasi menjadi 381 juta USD untuk 4 tahun ke depan.

Mereka akan melakukan investasi jangka panjang, yang akan mulai diselesaikan dalam 10 tahun kedepan atau lebih, kata Presiden Ortega, dan kualitas dari pendanaan ini sangat mendukung, karena telah disusun dan dirancang ssangat lunak esuai kemampuan Nikaragua.

Menurut Presiden Ortega, ini merupakan bagian dari program elektrifikasi nasional yang berkelanjutan dan pembangunan energi terbarukan, yang dikembangkan oleh Pemerintah untuk periode 2010-2014, dengan dua tujuan utama: untuk memperluas cakupan listrik dari 66 persen saat ini hingga 85 persen dari wilayah nasional dan melanjutkan proses evolusi dari rencana energi untuk mengurangi ketergantungan pada hidrokarbon.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut