Warga Desa Onepute Jaya Tuntut Pengadaan Listrik

aksi warga Desa Onepute-Morowali

Sedikitnya 300-an warga Desa Onepute, kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, menggelar aksi massa di kantor DPRD Tingkat Morowali, Selasa (4/11/2014).

Dalam aksinya, massa aksi yang bernaung dalam Aliansi Perjuangan Rakyat (Ampera) ini menuntut pengadaan listrik di desanya. Menurut warga, sejak tahun 1991 mereka mendiami desa Onepute sebagai warga transmigran, mereka belum pernah menikmati layanan listrik.

“Sudah 23 tahun kami mendiami desa ini, tapi belum pernah merasakan layanan listrik. Kalau malam hari, kami seperti hidup di gua-gua. Sementara desa-desa sekitar kami terang-benderang,” kata Sigit Purnomo, salah seorang perwakilan warga.

Menurut Sigit, sejak tahun 2007 lalu warga desa Onepute sudah berjuang untuk mendapatkan pasokan listrik. Sayang, tuntutan mereka tidak pernah mendapat respon dari para pemangku kebijakan.

Tak hanya itu, warga juga berkali-kali mengajukan tuntutannya melalui forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang). Namun, cara ini pun tidak membuahkan hasil.

“Kami merasa dipandang sebelah mata oleh Pemerintah Kabupaten Morowali. Padahal, kami juga warga Negara yang berhak mendapat perlakuan yang sama dalam mengakses kebutuhan dasar, termasuk listrik,” keluh Sigit.

Selain persoalan listrik, warga juga menuntut sertifikasi terhadap lahan milik mereka. Warga juga menuntut pembangunan infrastruktur desa, khususnya jembatan dan sarana transportasi, untuk menopang perekonomian desa.

Massa aksi ditemui oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Morowali, Kuswandi. Kepada massa aksi, Kuswandi menjelaskan bahwa pihak DPRD sudah melalukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pihak terkait, yakni Dinas ESDM, BPN, dan Dinas PU.

Menurut Kuswandi, RDP tersebut sudah mengabulkan apa yang menjadi tuntutan warga desa Onepute. Sementara terkait persoalan sertifikasi lahan, pihak DPRD akan mengagendakan pertemuan lanjutan dengan melibatkan BPN, DPRD, dan Pemerintah Desa.

Niswanto Rachman

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut