Catatan Agus Jabo: Tentang Pengusiran Warga SAD oleh PT. Asiatic Persada

Sejak 7 Desember 2013 sampai hari ini, PT Asiatic Persada (Perusahaan Sawit Malaysia) dengan menggunakan ratusan preman, Brimob, Polri serta TNI, mengusir paksa ribuan warga, menghancurkan ratusan rumah, melakukan kekerasan, perampasan harta benda, pelecehan serta penangkapan terhadap warga Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Batanghari, Jambi.

Padahal, Kanwil BPN Jambi sudah mengeluarkan rekomendasi tertanggal 24 Oktober 2013 Nomor 1073/18-15/X/2013 perihal Peninjauan Ulang Sertifikat Hak Guna Usaha (HGU) PT. Asiatic.

Kemudian, Gubernur Jambi juga sudah mengeluarkan surat rekomendasi tertanggal 25 Oktober 2013 Nomor S-525.26/3260/SETDA.EKBANG-4.2/X/2013 Perihal Peninjauan Ulang Sertifikat HGU PT. Asiatic.

Rekomendasi itu keluar setelah Surat Intruksi Pemprov Jambi, 7 Mei 2013, Surat Peringatan I Pemprov Jambi tanggal 30 Agustus 2013, kemudian Surat Peringatan II Pemprov Jambi tanggal 4 Oktober 2013, serta Surat Peringatan III Pemprov Jambi tanggal 21 Oktober 2013 tentang Pengembalian tanah Suku Anak Dalam 113 seluas 3550 ha tidak dilaksanakan oleh PT Asiatic.

Investasi modal asing yang dikampanyekan terus oleh rezim komprador imperialis akan memberikan kemakmuran, ternyata omong kosong, omong besar!

Tujuan Modal Asing hanyalah mencari untung, tidak ada urusannya dengan kemakmuran bangsa Indonesia!

Ironisnya, institusi Polri dan TNI bergandengan tangan dengan PREMAN, menjadi pelindung bagi modal asing itu, mengusir masyarakat dari tanah kelahirannya, sumber penghidupannya, di saat negara (BPN dan Gubernur) sudah merekomendasi pencabutan HGU Perusahaan Malaysia tersebut!

Aparat Negara tidak lagi bertindak atas dasar hukum, tetapi sudah dikendalikan sepenuhnya oleh penjajah asing untuk menindas bangsa sendiri di tanah airnya sendiri!

Keadaan sudah darurat, mari bersatu, hentikan Imperialisme berjubah investasi itu!

Kita pasti bisa, selama kita bersatu, berpegang teguh kepada filosofi bangsa kita, Pancasila, serta percaya dengan kekuatan kita sendiri!

Salam Gotong Royong

Agus Jabo Priyono

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut