Surat Fidel Castro Untuk Maradona

maradona.jpg

Kawanku yang tak terlupakan:

Setiap hari saya senang mengikuti programmu di Telesur, tentang piala dunia sepak bola. Terima kasih untuk itu, saya dapat mengamati tingkat luar biasa  yang dicapai oleh olahraga universal ini.

Saya tidak percaya bahwa mungkin menawarkan kepada kaum muda sebuah pendidikan yang memadai, di negara manapun, tanpa olahraga: Dan terkhusus pada anak laki-laki, tanpa memasukkan sepak bola.

Saya adalah seorang politisi, tetapi ketika masih anak-anak, remaja dan pemuda,  saya adalah atlet olahraga dan mendedikasikan sebagian besar waktu luangku untuk hal yang mulia ini.

Saya mengagumi tindakan anda untuk banyak alasan. Saya mendapat kehormatan bertemu dengan anda ketika banyak ide-ide dari rakyat kami dimenangkan dan tidak ada kekuasaan yang dapat menghancurkannya.

Tidak ada yang memperkuat hubungan kami sebagai bangsa Amerika Latin dalam derajat ini. Anda juga berhasil melalui banyak tantangan sulit sebagai seorang atlet dan sebagai seorang pemuda dari keluarga sederhana.

Saya juga menaruh hormat kepada Messi, seorang atlet tangguh yang memberikan kemenangan kepada rakyat Argentina. Tidak ada yang bisa merebut kejayaan dan prestise yang kalian berdua miliki, meskipun ada upaya kejam dari para penggunjing.

Saya juga mengucapkan selamat untuk Telesur, yang telah mencerahkan musim panas ini, dan seperti anda, saya juga menyampaikan salam hormat dan persaudaraan untuk pesepakbola hebat dan mengagumkan dari Amerika Latin, dan tak terlupakan, tentu saja, kepada Víctor Hugo Morales, orang yang menemukan kemampuan anda dan telah menyebarkan nilai luhur olahraga, dan rakyat Argentina yang semuanya anda wakili dengan terhormat.

Tentu saja, Diego, saya tidak akan pernah lupa dengan perkawanan kita, dan dukungan yang selalu anda tunjukkan kepada pemimpin Bolivarian Hugo Chavez, seorang promotor olahraga, revolusi di Amerika Latin, bangsa-bangsa tertundukkan di dunia.

Salam persahabatan,

Fidel Castro Ruz

firma-fidel-25junio

 

 

 

 

23 Juni 2014

Diterjemahkan oleh: Rini

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut