Seruan Solidaritas STN Untuk Perjuangan Petani Pulau Padang

Sejak 1 November 2011 lalu, 5 orang petani pulau padang, kepulauan Meranti, menggelar aksi jahit mulut di halaman kantor DPRD Riau. Aksi ini merupakan puncak kekecewaan para petani terhadap sikap pemerintah (kabupaten, provinsi, dan pusat) yang tidak mendengar tuntutan mereka.

Tuntutan petani sangat sederhana: cabut SK Menhut nomor 327 tahun 2009. Sebab, SK Menhut era MS Kaban tersebut telah melegitimasi perampasan lahan milik rakyat dan pengrusakan lahan gambut di pulau padang.

Lalu, karena sehari menggelar aksi jahit mulut tidak juga ditanggapi, kembali 24 orang petani pulau padang turut menggelar aksi mogok makan. Padahal, sebelumnya sudah ada seorang peserta aksi jahit mulut yang kritis.

Para petani pulau padang sudah memilih perjuangan hidup atau mati. Bagi mereka, jika PT. RAPP dibiarkan beroperasi atas pulau padang, maka hal itu sama saja dengan membiarkan 45 ribu jiwa akan mati perlahan bersamaan dengan tenggelamnya pulau tersebut.

Serikat Tani Nasional (STN) mendukung penuh perjuangan itu dan mengajak seluruh rakyat Indonesia menyampaikan dukungan yang sama. Para petani pulau padang adalah contoh konkret dari pengabaian pemerintah terhadap penderitaan rakyat. Ini sama halnya dengan pengabaian pemerintah terhadap pendidikan yang mahal, kesehatan yang mahal, harga-harga yang terus naik, dan seterusnya.

Dan kita katakan: Cukup! Pemerintah yang abai ini harus dihentikan kekuasannya. Mereka hanyalah 1% dari kaum berkuasa, sedangkan kita adalah 99% dari rakyat yang disengsarakan. Sudah saatnya yang 99% menghentikan 1% yang serakah dan menindas ini.

Oleh karena itu, Serikat Tani Nasional (STN) menyerukan sebagai berikut:

  1. Berikan dukungan terbuka (SMS/surat terbuka) kepada petani pulau padang. Buktikan bahwa 99% sudah bersatu dan tidak percaya lagi dengan pemerintah.
  2. Kirimkan surat protes terbuka (SMS/surat terbuka) kepada Bupati Kepulauan Meranti, DPRD Kepulauan Meranti,Gubernur Provinsi Riau, DPRD Provinsi Riau, Menteri Kehutanan RI, DPR-RI, dan Presiden RI.
  3. Menuntut Menhut Zulkifli Hasan segera mencabut SK nomor 327 tahun 2009.

Demikian seruan ini kami buat. Atas kerjasamanya kami mengucapkan banyak terima kasih.

Jakarta, 5 November 2011

Komite Pimpinan Pusat – Serikat Tani Nasional (KPP-STN)
Sekretariat : Jalan Tebet Dalam 2G No.1 Jakarta Selatan. Phone : 0817877279
Faks: 021-8354513. Email: [email protected]

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut