Tuntut Pendidikan Gratis, Mahasiswa Chile Serukan Nasionalisasi Industri Tembaga

Sudah berbulan-bulan mahasiswa Chile menggelar perlawanan. Tetapi pemerintahan Sebastian Pinera tetap bergeming. Salah satu proposal mahasiswa yang sulit dipenuhi adalah tuntutan pendidikan gratis bagi seluruh rakyat.

Berkali-kali dialog antara mahasiswa dan pemerintah juga menemui jalan buntu. Akhirnya, mahasiswa harus memobilisasi kekuatan lebih besar lagi dengan mengajak partisipasi luas rakyat Chile. Popularitas Presiden Sebastian Pinera pun kian melorot.

Tetapi mahasiswa Chile bukan sekedar protes, atau sekedar mengajukan tuntutan tanpa dasar. Dalam dialog dengan pihak pemerintah kemarin, perwakilan mahasiswa mengajukan proposal tentang pendidikan gratis. Caranya: nasionalisasi semua industri tembaga.

Chile adalah produsen tembaga terbesar di dunia. Sejak dulu, negeri-negeri imperialis sudah tergiur dengan potensi tembaga Chile. Pada tahun 1971, ketika Chile diperintah oleh pemerintahan sosialis Salvador Allende, perusahaan tembaga banyak yang dinasionalisasi. Ini pula yang memicu kemarahan investor AS dan memicu kudeta terhadap pemerintahan Allende.

Di masa pemerintahan Pinochet, hampir semua hasil nasionalisasi itu kembali diserahkan kepada swasta dan asing. Semua itu dilakukan melalui program privatisasi.

Pada 11 Juli lalu, bertepatan dengan peringatan 40 tahun nasionalisasi tembaga oleh Salvador Allende, mahasiswa dan pekerja tembaga melancarkan kampanye nasionalisasi perusahaan tembaga.

Mereke mengecam keras upaya Sebastian Pinera memprivatisasi perusahaan tembaga milik negara, Codelco, yang juga merupakan produsen tembaga terbesar di dunia. Mahasiswa telah meneriakan slogan “tembaga untuk rakyat Chile, tembaga untuk membiayai pendidikan”.

Selain nasionalisasi perusahaan tembaga, proposal mahasiswa juga menuntut reformasi pajak, termasuk pajak progressif terhadap kaum kaya.

Sementara itu, federasi mahasiswa CONFECH telah mengumumkan sebuah rencana demonstrasi massif di kota pelabuhan Valparaiso pada 9 November mendatang. Hal itu bersamaan dengan dimulainya perdebatan anggaran 2012 di Kongres.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut