Seorang Aktor AS Dukung Revolusi Kuba

Danny Lebern Glover, salah satu aktor kawakan Amerika Serikat, mengaku sudah lama mendukung revolusi Kuba. Ia mengatakan hal itu saat menerima penghargaan Tomas Gutierrez Alea dari Asosiasi Penulis dan Artis Kuba (UNEAC), Rabu (14/9).

Aktor kelahiran San Francisco, California, Amerika Serikat ini mengaku sudah lama mengikuti proses revolusi di Kuba.

Sebelumnya, dalam sebuah pertemuan di Howard University, 12 September 2007 lalu, Glover juga menyatakan dukungan terhadap pembebasan lima pejuang anti-teroris Kuba (Cuban five) yang ditahan secara sepihak oleh pihak AS.

Keluarga Grover adalah aktivis National Association for the Advancement of Colored People (NAACP), sebuah organisasi hak azasi manusia untuk kulit berwarna dan etnis minoritas di AS.

Semasa mudanya, pemeran Roger Murtaugh dalam film Lethal Weapon ini pernah bergabung dengan Persatuan Mahasiswa Kulit Hitam (BSU), sebuah organisasi mahasiswa yang dianggap dekat dengan gerakan “Black Panthers”.

Ia juga terlibat dalam gerakan anti perang Vietnam, mendukung pembebasan Afrika Selatan, dan sejumlah negara bekas koloni Portugis di Afrika. Ia juga aktif memberikan solidaritas untuk perjuangan rakyat di Nikaragua dan sejumlah negara Amerika latin.

Selain dikenal dekat dengan Fidel Castro dan rakyat Kuba, Danny Grover juga sangat akrab dengan Presiden Hugo Chavez dan pemimpin kiri Amerika latin lainnya.

Sementara itu, menurut Presiden UNEAC, Miguel Barnet, penghargaan terhadap Glover diberikan karena dedikasi personalnya terhadap seni dan persahabatan dengan rakyat Kuba.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut