Sejumlah Organisasi Pemuda Di Jambi Dukung Aksi Petani

Sejumlah organisasi pemuda di Jambi menyatakan dukungan terhadap perjuangan petani Jambi, khususnya yang sedang menggelar aksi jalan kaki dari Jambi menuju Jakarta.

Dukungan tersebut dinyatakan melalui Konferensi Pers di depan kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jambi, Kamis (10/1). Para pemuda itu bernaung di bawah payung “Pemuda Jambi Bergerak”.

Adapun organisasi pemuda yang tergabung dalam Pemuda Jambi Bergerak ini, antara lain, GP Ansor, SRMI, Repdem, Perkumpulan Hijau, PRD, Buana Nusantara, Himsar, IPMA Sumsel, KNPI, Serapud, Ampuh, STN, Walhi Jambi, LMND, dan KPRJ.

“Kaum muda tidak bisa berdiam diri menyaksikan penindasan. Karena itu, ketika kaum tani ditindas oleh persekutuan pemilik modal dan negara, maka pemuda bergerak untuk mendukung perjuangan petani,” kata jubir Pemuda Jambi Bergerak, Eko Purwanto.

Dalam pernyataan persnya, Pemuda Jambi Bergerak mendesak pemerintah serius menyelesaikan berbagai konflik agraria di Indonesia, termasuk di Provinsi Jambi. “Ini bisa menjadi bom waktu apabila tidak segera dituntaskan,” ujar Eko.

Selain itu, Pemuda Jambi Bergerak mempersoalkan konflik agraria dengan perusahaan pertambangan, khususnya batubara. “Kehadiran perusahaan tambang batubara banyak menciptakan masalah. Ada banyak kasus konflik agraria di sektor ini,” ungkap Eko.

Karena itu, Pemuda Jambi Bergerak akan menggelar aksi penyegelan kantor Dinas ESDM Provinsi Jambi. Mereka mendesak agar pihak ESDM segera mengeluarkan kebijakan moratorium pertambangan batubara.

Andi Nursal

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut