LMND Makassar Aksi Solidaritas Untuk Petani Jambi

Perjuangan Petani Jambi yang menggelar aksi pendudukan di depan Kemenhut RI di Jakarta dan aksi longmarch  sejauh 1000 km  (Jambi-Jakarta) terus mendapat dukungan.

Kamis (10/1), puluhan aktivis dari Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) Makassar menggelar aksi solidaritas untuk mendukung perjuangan petani Jambi .

Aksi solidaritas  ini dimulai dari depan kantor Gubernur Sulsel dengan long march menuju kantor DPRD Provinsi, Sulsel, Jalan Urip Sumarjo Makassar.

Walaupun kondisi cuaca hujan deras, tetapi tidak menurunkan semangat para mahasiswa untuk tetap melanjutkan aksinya.

“Aksi ini adalah wujud dukungan kami kepada  petani Jambi yang sudah melakukan aksi pendudukan di depan Kemenhut RI dan aksi jalan kaki 1000 km dari Jambi menuju Jakarta,” Kata  Asrul, Ketua LMND Makassar.

Menurut Asrul, Kedaulatan rakyat (petani) atas tanah sudah tidak ada lagi. Tanah menjadi kehilangan fungsi sosialnya , seperti yang diamanatkan dalam UUD 1945.

Sesampainya di kantor DPRD Provinsi Sulsel, massa aksi menyampaikan orasi-orasi politiknya satu persatu. Namun sayangnya, tidak satupun anggota DPRD yang berada di tempat.

Akhirnya, massa aksi memberikan pernyataan sikap kepada staf administrasi yang masih berada di gedung DPRD untuk disampaikan kepada anggota DPRD. Massa aksipun kemudian membubarkan diri dan rencananya akan kembali menggelar aksi pada hari Senin, 14 Januari 2013.

Dalam aksinya, massa aksi menuntut kepada pemerintah dalam hal ini Menhut Zulkifli Hasan agar segera merealisasikan janjinya yaitu terkait enclave tanah kepada para petani Jambi. Selain itu, massa aksi juga meminta kepada pemerintah untuk melaksanakan Pasal 33 UUD 1945 dan UUPA tahun 1960.

Qadlie F Sulaiman

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut