Red Hot Chili Peppers Diminta Tidak Konser Di Israel

Band rock asal Amerika, Red Hot Chili Peppers (RHCP), harus berfikir panjang untuk melanjutkan konsernya di Tel Aviv, Israel.

Pasalnya, sejumlah organisasi dan jaringan aktivis Hak Azasi Manusia (HAM) dan gerakan solidaritas untuk Palestina sudah melayangkan surat protes dan meminta agar RHCP segera membatalkan agenda tersebut.

“Kami tidak bisa melihat anda (RHCP) tampil di tengah penderitaan jutaan rakyat Palestina yang dipaksa hidup dibawah pendudukan, penindasan, dan apartheid israel,” demikian bunyi surat aktivis BDS Italia kepada RHCP.

BDS singkatan dari Boikot, Divestasi, dan Saksi. Ini merupakan gerakan solidaritas untuk mengisolasi Israel di dunia internasional. Dengan gerakan ini, Israel diharapkan bisa tunduk pada tekanan internasional.

Bagi aktivis BDS Italia, warna musik RHCP sangat bertolak-belakang dengan kebijakan politik Israel. “Mereka memaksakan pendudukan brutal di atas tanah dan rumah-rumah rakyat Palestina,” katanya.

Bagi aktivis BDS, kehadiran RHCP di Tel Aviv akan menjadi sarana bagi pemerintah Israel untuk memoles citra. Selain itu, Israel akan menjadikan ajang ini untuk menghapus kejahatan kemanusiaan mereka di tanah Palestina.

Rencananya, RHCP akan tampil di Hayarkon Park Tel Aviv, Israel, pada 10 September 2012 mendatang. Jadwal dan pembelian tiket sudah tercantum di website resmi RHCP dan Kementerian Pariwisata Israel.

Selain dari Italia, surat protes juga sudah dilayangkan oleh aktivis dari Amerika Serikat, Perancis, Israel, India, Lebanon, dan Afrika Selatan. Juga, ada surat protes dari aktivis yang menyebut diri sebagai “Don’t Play Apartheid Israel” dan “Artists Against Apartheid”.

Bagi para aktivis, jika RHCP tetap memaksa untuk tampil di Israel, maka musik mereka telah menjadi “peredam” suara buldozer yang menghancurkan rumah-rumah rakyat Palestina dan desingan senjata tentara Israel menembak rakyat Palestina.

RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut