Rakyat Masih Sulit Peroleh Air Bersih

Ketersediaan air bersih masih menjadi masalah di Palembang, Sumatera Selatan. Di beberapa tempat, masih ada warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Seperti warga di kelurahan 5 Ulu, Lorong Terusan I, Palembang. Di sana, sedikitnya 800 KK belum pernah tersentuh air bersih. Padahal, warga mengaku sudah berkali-kali meminta kepada pihak PDAM.

Untuk keperluan sehari-hari, warga menggunakan air sungai. “Sebetulnya airnya keruh dan tak layak untuk dipakai. Tapi tidak ada pilihan lain,” kata Yunus, salah seorang warga.

Banyak warga di daerah itu berpendapatan menengah ke bawah. Karena itu, mereka sangat berharap diikutkan dalam program bantuan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Ketua Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) Kota Palembang, Mulyadi, mempertanyakan kebijakan Pemkot Palembang terkait penyediaan air bersih bagi seluruh rakyat.

“Ini kan kebutuhan dasar rakyat. Mestinya Pemkot memastikan bahwa seluruh rakyatnya sudah mengakses kebutuhan ini,” kata Mulyadi, di Palembang, Jumat (16/3/2012).

Terkait  persoalan warga di kelurahan 5 Ulu, Lorong Terusan I, Mulyadi mengatakan warga sudah berkali-kali menggelar aksi protes. “Kami sudah menggelar aksi berkali-kali, tetapi Pemkot tak kunjung merealisasikan tuntutan warga,” ungkapnya.

Meski begitu, Mulyadi mengaku SRMI dan warga kelurahan 5 Ulu, Lorong Terusan I tidak akan menyerah. “Kami dalam waktu dekat ini akan menggelar aksi massa lagi. Kami akan menuntut Pemkot segera menyediakan air bersih untuk seluruh warga kota Palembang,” tegasnya.

FUAD KURNIAWAN

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut