Persatuan Rakyat Lampung Persiapkan Peringatan Hari Buruh

    Sebanyak 28 organisasi massa, serikat buruh, LSM, dan partai politik menyatakan bersiap untuk menggelar aksi massa besar-besaran pada saat peringatan Hari Buruh Sedunia pada tanggal 1 Mei 2011 mendatang.

28 organisasi itu, antara lain: KASBI, SMI, FMN, PRP, FSBL, LMND, PMKRI, SRMI, DAMAR, LADA, JPRP, GPL, AJI, AGRA, CCC, PPI, HUMANIKA, IMM, SPKP, DRL, TEATER SATU, GMKI, WALHI, SHI, GKI, SERTANI, KBHI, dan PRD.

Rahmat Husein, salah satu humas dari aliansi ini, menyatakan semangat utama dari aliansi ini adalah semangat persatuan gerakan untuk melawan imperialisme. “Sudah jelas di depan mata kita, bahwa SBY-Budiono adalah kaki-tangan imperialisme dan telah membuka pintu selebar-lebarnya untuk eksploitasi asing,” kata Husein yang juga dikenal sebagai aktivis PRD ini.

Lebih lanjut, Husein menjelaskan bahwa persatuan rakyat Lampung telah bersepakat untuk menjadikan bulan Mei sebagai bulan perjuangan rakyat untuk melawan imperialisme. “Kami akan merespon momentum mei itu dengan menggelar aksi pada hari buruh sedunia pada tanggal 1 Mei, lalu hari pendidikan nasional pada tanggal 2 Mei, kemudian tanggal 8 Mei sebagai hari kematian Marsinah. Puncak dari respon gerakan ini adalah tanggal 20 dan 21 Mei,” tegasnya.

Sementara itu, Deni Kurniawan, ketua Federasi Serikat Buruh Lampung, menjelaskan bahwa peringatan Hari Buruh Se-dunia ini bukan hanya seremonial belaka, melainkan juga ajang konsolidasi gerakan secara nasional. “Ini merupakan antisipasi terhadap berbagai kebijakan pemerintah yang semakin tidak memihak rakyat banyak,” katanya.

Persatuan Rakyat Lampung juga menjanjikan tidak ada tindakan tindakan anarkis untuk merusak infrastruktur publik. Meski begitu, koordinator lapangan aksi, Rifky Indrawan, meminta kepolisian untuk tidak memprovokasi dan melakukan intimidasi terhadap buruh yang merayakan “Hari Buruh Internasional”.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut