Perjuangan Rakyat Jamburea Membentuk Desa Baru

Ilustrasi-gerakan-rakyat

Hari ini, 27 November 2012, menjadi hari istimewa bagi rakyat Jamburea, di sebelah barat Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Betapa tidak, setelah melalui perjuangan cukup panjang, akhirnya Jamburea resmi menjadi desa defenitif.

“Ini merupakan hasil perjuangan panjang. Bagi rakyat Jamburea, ini merupakan kemenangan politik tersendiri,” kata Stanislaus Jago, ketua Komite Tani Ende, organisasi yang selama ini memimpin perjuangan rakyat Jamburea.

Stanislaus mengisahkan, ide memperjuangkan desa baru sudah dimulai sejak tahun 2008 lalu. “Ini bersamaan dengan kebangkitan perlawanan rakyat menentang pembentukan Komando Rayon Militer (Korem) di daerah ini,” ungkapnya.

Dalam proses perjuangan itu, ungkap Stanislaus, rakyat Jamburea sering berhadapan dengan intimidasi, teror, dan represi. Namun, berkat sokongan Partai Rakyat Demokratik (PRD), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), dan Komite Tani Ende, perjuangan rakyat Jamburea tak surut sedikitpun.

Desa Jamburea dihuni oleh 200-an kepala keluarga. Desa ini terletak di bagian barat Kabupaten Ende. Kondisinya sangat terpencil dan dikelilingi oleh perbukitan. Menurut pengakuan penduduk desa, sejak Indonesia merdeka hingga sekarang mereka sangat jarang diperhatikan pemerintah.

“Keinginan membentuk desa sebetulnya tidak lepas dari keinginan agar rakyat makin didengarkan suaranya oleh pemerintahan yang lebih tinggi,” ka Stanislaus.

Sementara itu, Kepala Desa terpilih, Dominikus Juma, berjanji akan menjalankan kekuasaan politik desa dengan tradisi baru. “Kami akan menjalankan pemerintahan desa berbeda dengan model sebelumnya ataupun model sekarang. Kami akan menjalankan model kerakyatan sesuai amanat konstitusi UUD 1945,” kata Dominikus Juma seusai pelantikan.

Menurut Dominikus, pembangunan desa akan berbasiskan pada apa yang menjadi kebutuhan rakyat desa. Tak hanya itu, ia juga menekankan perlunya partisipasi rakyat desa dalam pembangunan. “Kita akan membangun desa ini dalam semangat gotong-royong,” tegasnya.

Ya, rakyat desa Jamburea baru saja membuat langkah awal untuk mencapai mimpi-mimpinya. Mereka berharap, keberhasilan mereka membangun desa bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya. Semoga..

Jhuan Mari

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut