Operasi Penyelamatan Pekerja Tambang Di Chile Berjalan Sukses

Copiaco: Ketegangan terjadi saat operasi penyelamatan terhadap 33 penambang Chili yang terparangkap di lokasi tambang bawah tanah, akan dimulai. Ini merupakan operasi penyelamatan yang jarang terjadi di dunia.

Untuk mengangkat para pekerja tambang, petugas penyelamatan merancang sebuah kapsul berukuran empat meter, dengan diameter 53 centimeter, dan berwarna bendera nasional Chile—putih-biru-merah. Kapsul ini diberi nama “Phoenix”.

Situasi tegang Nampak ketika Petugas penyelamat, Manuel Gonzalez, memasuki kapsul untuk diturunkan ke dalam tambang sedalam 700 meter. Manuel Gonzales memeriksa keadaan terowongan, sekaligus memastikan keamanan kapsul untuk mengangkat satu orang penambang.

Alavos, penambang yang memfilmkan kawan-kawannya di bawah tanah, dipilih sebagai penambang pertama yang diangkat. Alovos muncul di permukaan, berpelukan dengan istri dan anaknya, dan setelah itu berpelukan dengan presiden Chile, Sebastian Pinera.

Presiden Pinera menyampaikan apresiasi sangat besar atas semangat juang para penambang.  “Saya ingin rakyat Cile memiliki semangat juang seperti mereka,” kata presiden.

Urutan penyelamatan ini dibagi menjadi tiga kelompok; grup pertama 10 orang, kedua 10 orang, dan ketiga 13 orang.

Berjalan sukses

Keseluruhan operasi penyelamatan ini dinyatakan berjalan sangat sukses. Penambang terakhir yang diangkat ke permukaan adalah  Luis Urzua, seorang supervisor berusia 44 tahun.

Perjuangan para penambang untuk bertahan hidup dianggap luar biasa. Mereka bisa bertahan di bawah tanah selama 69 hari, tentunya dengan persediaan makanan dan minum yang sangat terbatas.

Media setempat melaporkan, rakyat Chile bersuka cita menyambut keberhasilan operasi penyelamatan ini. Di pusat kota Copiaco, warga keluar ke jalan-jalan, membunyikan klakson, dan bersorak-sorak menyaksikan operasi ini.

Di tempat lain, warga dilaporkan berkumpul di lapangan dan menyaksikan operasi penyelamatan melalui siaran langsung di TV berukuran besar. (Rh)

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut