Menjelang 85 Tahun Kelahiran Che Guevara

Tanggal 14 Juni 2013 mendatang adalah 85 tahun kelahiran pejuang revolusioner dari Amerika Latin, Ernesto ‘Che’ Guevara. Sehubungan dengan itu, sejumlah kegiatan diselenggarakan untuk mengenang pemimpin Revolusi Kuba itu.

Salah satunya diselenggarakan oleh penerbit Ocean Sur, yang telah menerbitkan buku berseri mengenai Che Guevara dan pemikiran-pemikirannya. Beberapa buku yang diterbitkan: The Awakening of Latin America, Diary of a Combatant; From the Sierra Maestra to Santa Clara (Cuba: 1956-58), Remembering Che (ditulis oleh Aleida March), Congo Diary, Latin America Diaries, Che; The Diaries of Ernesto Che Guevara, Marx & Engels, Guerilla Werfare, dan lain-lain.

Salah seorang putri Che, Aleida Guevara, akan berkeliling Amerika Latin untuk mempromosikan buku tersebut dan sekaligus mengulas warisan pemikiran ayahnya kepada rakyat Amerika latin. “Jika Che tidak mati di Bolivia, mungkin dia akan mati di Argetina ketika berjuang untuk melakukan perubahan di sana. Mungkin akan menjadi benua yang berbeda dengan hari ini. Ibuku selalu bilang, jika ayahmu masih hidup, dia akan terus berjuang untuk kemanusiaan yang lebih baik,” kata Aleida Guevara.

Seperti tanggal 27-28 April lalu, Aleida Guevara menghadiri International Book Fair di Bogota, Kolombia. Di sana ia menandatangani buku-buku terbitan Ocean Sur tentang Che kepada khalayak ramai. Selain itu, buku terbaru yang ditulis ibunya, Aleida March, istri kedua Che, yang berjudul “Evocación; Mi Vida a Lado de Che” (Evocation: My Life at Che’s Side) diluncurkan. Ia juga mengunjungi sejumlah Universitas dan pusat kebudayaan pada tanggal 29 dan 30 April lalu.

Sementara, pada tanggal 4 hingga 6 Mei 2013 ini, Aleida Guevara akan berkunjung ke Chile untuk rangkaian acara serupa, yakni di kota Santiago dan Valparaíso. Di sana akan dilangsungkan peluncuran dan diskusi mengenai pemikiran Che Guevara untuk amerika latin.

Ocean Sur adalah rumah penerbitan yang berbasis di Kuba, Venezuela, dan El Salvador. Rumah penerbitan ini banyak menerbitkan buku-buku mengenai tokoh-tokoh revolusioner Amerika Latin dan pemikirannya, termasuk Che dan Fidel Castro. Sejak berdiri di tahun 2006, Ocean Sur berkontribusi penting dalam menyemai pemikiran revolusioner dan anti-imperialis di Amerika Latin.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut