LMND Makassar Tolak Kenaikan Harga BBM

Aksi protes menentang kenaikan harga BBM mulai marak. Di Makassar, Sulawesi Selatan, aksi protes menentang kenaikan harga BBM berlangsung hampir tiap hari.

Tadi pagi, puluhan aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) menggelar aksi menentang kenaikan harga BBM. Aksi itu dilakukan di bawah Flyover dekat tol reformasi Makassar.

“Kenaikan harga BBM ini adalah bukti SBY berhaluan neoliberal. Itu tidak dapat disangsikan lagi,” kata Ketua LMND Sulsel, Makbul Muhammad, saat menyampaikan orasinya tadi pagi.

Makbul menjelaskan, kenaikan harga BBM merupakan persiapan menuju liberalisasi sektor hilir migas. Sebelumnya, di sektor hulu, pemodal asing sudah mengusai hingga 80-90% ladang minyak Indonesia.

“Ini merupakan proses penyesuaian dengan harga pasar. Jika harga BBM sudah mengacu pada harga pasar, maka pemain asing pun bisa bebas untuk bermain dalam penjualan BBM di Indonesia,” ungkap Makbul.

LMND juga menyoroti dampak kenaikan harga BBM pada kehidupan rakyat. “Kenaikan harga BBM akan memicu kenaikan harga kebutuhan pokok. Industri kita, khususnya yang menengah dan kecil, juga terancam gulung tikar,” kata seorang orator.

Dalam aksinya, LMND juga menggelar aksi teatrikal. Sejumlah aktivis LMND membuka baju dan kemudian berbaring di jalan raya.

Dalam tuntutannya, LMND juga mendesak agar pemerintah segera mengembalikan pengelolaan energi Indonesia sesuai dengan amanat pasal 33 UUD 1945.

ARHAM T

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut