Legenda Musik Protes, Joan Baez, Tampil Di Occupy Wall Street

Legenda musik protes tahun 1960-an, Joan Baez, tampil memukau di tengah-tengah aktivis Occupy Wall Street di Foley Square, New York, Jumat (11/11). Ini juga bertepatan dengan rally “Hari Veteran” yang jatuh pada hari itu juga.

“Ini adalah lagu yang saya tulis pada tahun 1970-an dan saya menulis ini di era perang Vietnam,” kata Baez sebelum memulai bernyanyi. “Lagu ini tentang veteran perang. Ini berjudul Where’s My Apple Pie”.

Beberapa orang di Foley Square sudah lupa lirik lagu itu. Sedangkan beberapa yang masih ingat berusaha bernyanyi dan menjadi paduan suara.

Tetapi, begitu Joan Baez sedikit mengubah lirik lagunya dari “Where’s My Apple Pie” menjadi “it’s time to occupy”, massa pun terbawa bernyanyi bersama pelantun lagu-lagu protes sosial ini.

Setelah itu, Joan Baez menyanyikan lagu Rolling Stone berjudul “Salt of the Earth.” Ia kemudian mengakhiri penampilannya di aksi itu dengan menyanyikan lagu tentang Joe Hill, seorang penulis lagu perjuangan buruh dan sekaligus aktivis gerakan buruh yang dieksekusi tahun 1915.

Sebelum turun dari panggung, Ia sempat menandatangani sebuah poster bertuliskan “Decolonize Wall Street” dan berjabat tangan dengan sejumlah penonton.

Baez, yang lahir di New Yorker, menjadi icon gerakan protes di tahun 1960-an ketika berbaris bersama Martin Luther King, Jr. dan Cesar Chavez. Ia juga sering tampil bersama dengan legenda musik perlawanan, Bob Dylan, dalam tur bersama maupun di tengah-tengah aksi protes.

“Apa yang terjadi sekarang sangat berbeda dengan ketika saya memimpin pawai pembangkangan sipil,” kata Baez kepada National Post, seraya mengenang peristiwa kala itu. “Aku merasa lebih baik duduk untuk sementara dan mendengarkan,” katanya.

Selain Joan Baez, artis era tahun 1960-an yang juga akan tampil di aksi OWS adalah David Crosby dan Graham Nash, yang direncanakan tampil di taman Zuccotti pada hari Selasa.

Cat: Diolah dari berbagai sumber

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut