Kriminolog Desak Polisi Umumkan Pembunuh Franciesca Yofie

Pihak Kepolisian kota besar (Polrestabes) kota Bandung telah mengumpulkan alat bukti dan saksi terkait pembunuhan Franciesca Yofie atau Sisca. Malahan, beredar kabar di media Online bahwa salah satu pelaku pembunuhan Sisca sudah ditangkap.

Menanggapi hal tersebut, Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Mulyana W Kusumah mendesak pihak kepolisian untuk segera membuat pengumuman terbuka terkait siapa pelaku utama pembunuhan sisca.

“Dengan modal identifikasi terduga pelaku utama pembunuhan Sisca Jofie, pengumuman terbuka akan membuat masyarakat semakin percaya kepada Polri dan publik memperoleh rasa aman,” kata Mulyana di Jakarta, Sabtu (10/8/2013).

Menurutnya, kasus pembunuhan Sisca Jofie bukan merupakan pembunuhan aksidental (accidental killing), melainkan bentuk torture murder, yaitu pembunuhan yang didahului penyiksaan. Tujuannya untuk menyakiti korban secara fisik dengan sangat kejam sebagai bentuk penghukuman terhadap korban.

Mulyana menduga, aktor utama pembunuhan merencanakan torture murder tentu saja dilatarbelakangi hubungan sosial yang buruk dengan korban. Puncaknya dengan mengeksekusi korban sebagai pelampiasan kemarahan laten.

“Peristiwa pembunuhan Sisca Jofie memberi gambaran tentang  kerentanan perempuan kelas menengah mandiri di kota besar, yang berpotensi menjadi korban kekerasan. Kita bisa melihat dengan jelas, solusi hubungan sosial patologis dengan cara kekerasan menunjukkan kecenderungan meningkat,” paparnya.

Seperti diberitakan, Franciesca Yofie atau Sisca menjadi korban pembunuhan sadis di daerah Cipedes, Bandung.

Perempuan berusia 30 tahun itu didatangi pelaku saat di depan rumah kosnya. Rambutnya dijambak kemudian diseret sepeda motor sepanjang ratusan meter.

Tubuh Sisca yang penuh luka dan berlumuran darah ditemukan warga di Jalan Cipedes Tengah, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, Senin (5/8/2013) petang.

Perempuan muda ini meninggal dalam perjalanan ke RS Hasan Sadikin, Bandung.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut