Forum Akademisi IT Gabung Relawan Jokowi

Perjuangan Barisan Relawan Jokowi Presiden 2014 (Relawan Jokowi atau Bara JP) untuk mengusung Jokowi sebagai Capres pada pemilu mendatang terus mendapat dukungan.

Kali ini giliran sejumlah tenaga pengajar informasi teknologi (IT) yang menyatakan bergabung ke Relawan Jokowi. Para pengajar IT berhimpun dalam Forum Akademisi IT (FAIT).

Sesuai bidang keahliannya, FAIT akan mengawal Jokowi dari aspek aplikasi IT. “Kami akan memastikan segalanya berjalan dengan benar dan jujur,” kata Ketua FAIT, Hotland Sitorus, di Jakarta, Minggu (11/8/2013).

Menurut Hotland, pihaknya bertekad mengakhiri kebohongan IT seperti pada pemilu sebelumnya. Pihaknya akan mengerahkan mahasiswa IT di seluruh Indonesia dalam memastikan pemilu berjalan jujur.

“Kami akan memastikan kejujuran dalam semua hal, mulai dari data pemilih, partisipasi pemilih, proses di tempat pemungutan suara (TPS) dan penghitungan suara. Rakyat tidak bisa dibohongi lagi, maka kami harus mengawal,” katanya.

Hotland, yang juga mahasiswa Program Doktor (S3) Jurusan IT sebuah universitas negeri, mengingatkan bahwa hal yang perlu diwaspadai dalam pemilu adalah data berulang. “Namanya saja, tapi orangnya itu juga,” paparnya.

Menurutnya, data berulang bisa dimanfaatkan dalam jumlah tidak terbatas, sehingga bisa mengelabui hasil pemungutan suara. Ia meminta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mewaspadai hal ini.

Selain itu, bersama dengan Relawan Jokowi, FAIT akan mengumpulkan hasil penghitungan di tingkat TPS di seluruh Indonesia. Hasilnya akan langsung dilaporkan ke web dan menjadi real count.

“Manakala hasil perhitungan kami berbeda dengan pengumuman KPU, maka kami akan meminta kepada DKPP agar FAIT diberi ijin memvalidasi data KPU,” tegasnya.

Terkait tudingan bahwa FAIT terlah berpolitik ketika mendukung Jokowi sebagai Presiden, Hotland mengeluarkan bantahan. “Pemahaman kami sederhana saja: berpolitik berarti masuk partai politik, sedangkan kami hanya menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian. Jadi ini pengabdian, bukan berpolitik,” jelasnya.

Mengutip pernyataan Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Fuad Hasan, Hotland mengatakan, FAIT menjauhi academic ignorance (kesombongan akademis), namun membina academic conscience (kesadaran akademis).

“Kesadaran akademis akan melahirkan kejujuran akademis. Kami berada di garis ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, selain FAIT, sejumlah organisasi lain juga sudah bergabung dengan Relawan Jokowi. Diantaranya adalah Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) dan Forum Penikmat Filsafat (FPF).

Ketua Umum SBSI Mochtar Pakpahan menjadi Ketua Bidang Perburuhan dalam Dewan Pengurus Pusat (DPP) Relawan Jokowi. Sementara pimpinan FPF Ferdi Semaun menjadi Sekjend Relawan Jokowi. FAIT sendiri akan dipercaya memimpin bidang IT di DPP Relawan Jokowi.

Mahesa Danu

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut