Komunitas Pencinta Musik Rock Bikin Koperasi

Komunitas pencinta musik rock yang tergabung dalam Rebel Indonesia sepakat membangun koperasi. Nama koperasinya Lumbung Kreasi Mandiri.

“Koperasi ini adalah dari kita untuk kita,” kata Santos yang ditunjuk sebagai Ketua Koperasi saat rapat pembentukan koperasi yang bersamaan dengan agenda Reboan Jaker, di Jakarta, Rabu (14/11/2015).

Menurut Santos, koperasi ini akan menjadi wujud pergerakan ekonomi bersama dan kebersamaan di kalangan komunitas penggemar musik rock.

“Walau kita baru mulai, namun kita yakin dengan kekuatan semangat kawan kawan di komunitas Rebel Indonesia mampu untuk tetap berkumpul dengan positif dan bukan hanya sebagai tempat tongkrongan saja,” ujarnya.

Menanggapi pembentukan koperasi itu, seniman yang bergiat di Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat (Jaker), AJ Susmana, mengatakan koperasi merupakan soko guru perekonomian rakyat Indonesia.

“Jika selama ini kita hanya mendengar koperasi secara teori, maka kali ini mari kita berpraktek,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal Komite Pimpinan Pusat Partai Rakyat Demokratik (PRD) ini.

Agenda rutin Reboan Jaker kali ini berlangsung cukup semarak oleh penampilan sejumlah grup komunitas rock di Jakarta, seperti Seloners, Queen Symphony, dan Rebelism Project.

“Kesenian saat ini khususnya tidak tertutup kemungkinan berkarya menyuarakan problem problem rakyat pada syair syairnya seperti persoalan kabut asap di Sumatera, persoalan tambang yang merusak lingkungan serta problem problem rakyat tertindas lainnya” kata Ketua Umum Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat (Jaker), Tejo Priyono, saat membuka acara ini.

Acara ini tidak hanya diikuti oleh komunitas di Jakarta tetapi juga dari berbagai daerah, seperti Tegal, Pati, Ngawi, Sumenep, dan Bekasi.

Untung Sarwono

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid