Kecam Kebrutalan Polisi Di Makassar, LMND Dan SRMI  Geruduk Mapolres Tuban

demo bbm tuban.jpg

Puluhan mahasiswa dan rakyat miskin yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pasal 33 UUD 1945 (GNP 33 UUD 1945) menggelar aksi massa di markas Kepolisian Resort (Mapolres) Tuban, Jumat (28/11/2014).

Dalam aksi tersebut, massa GNP 33 UUD 1945 mengecam keras tindakan represif aparat kepolisian saat menghadapi aksi massa menolak kenaikan harga BBM di Makassar, Sulawesi Selatan, pada tanggal 27 November kemarin.

“Kami mengutuk keras atas tindakan represif yang dilakukan oleh aparat kepolisian dalam menghadapi aksi massa menolak kenaikan harga BBM di Kampus UMI (Universitas Muslim Indonesia) Makassar. Yang mana tindakan itu mengakibatkan seorang pemuda bernama Muhamad Arif,” kata  Zainal Syafi’i, salah seorang peserta dalam aksi tersebut.

Menurut Zainal, tindakan represif aparat kepolisian tersebut merupakan upaya untuk membungkam aksi protes yang digelar oleh gerakan mahasiswa dan rakyat di berbagai daerah.

Dalam tuntutannya, GNP 33 UUD 1945 menuntut pemerintahan Jokowi-JK bertanggung-jawab atas kejadian tersebut. Pasalnya, kata mereka, pangkal dari kejadian itu adalah kebijakan sepihak pemerintahan Jokowi-JK menaikkan harga BBM.

Dalam aksinya massa juga menuntut agar komnas HAM, komisi III DPR RI, dan KOMPOLNAS untuk turun ke lapangan dan mengusut tuntas kasus tersebut. Dan, jika terbukti pelanggaran atau penyalah-gunaan wewenang dalam kasus tersebut, mereka mendesak agar Kapolri, Kapolda Sulsel, dan Kapolres Makassar untuk mengundur diri.

Dalam aksinya tersebut, massa GNP 33 UUD 1945 juga menabur bunga sebagai bentuk matinya hati nurani pemerintah dan aparat keamanan dalam melihat penderitaan rakyat akibat kenaikan harga BBM.

Selain itu, massa aksi GNP 33 UUD 1945 yang merupakan gabungan dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) ini juga menyerahkan karangan bunga kepada Polres Tuban. Karangan bunga tersebut diterima langsung oleh Kabag Ops Polres Tuban.

Siti Asmaul Hasanah

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut