Hari Buruh Sedunia: KSN Akan Segel Kantor BP Migas Surabaya

Peringatan Hari Buruh Sedunia di Surabaya, Jawa Timur, akan diwarnai penyegelan kantor BP Migas Surabaya. Aksi penyegelan ini akan dilakukan oleh ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Nasional (KSN).

Juru bicara KSN Jatim-Bali, Andik Peci, mengungkapkan, selain menyegel kantor BP Migas Surabaya, massa aksi KSN Jatim-Bali juga akan bergerak menuju kantor Gubernur Jawa Timur.

Aksi massa KSN Jatim-Bali ini akan melibatkan sejumlah serikat buruh. Diantaranya: Federasi Serikat Pekerja BUMN Strategis, Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (FSBK) Jatim, Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI)- Serikat Pekerja PT Leces Probolinggo, Federasi Serikat Buruh Madani (FSBM) Jatim,  Federasi Serikat Buruh Merdeka (FSBM) Malang Raya, dan Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) Bali.

Menurut Andik Peci, sampai hari ini kaum buruh Indonesia masih di eksploitasi tenaganya dan diperas keringatnya tanpa mendapatkan upah yang layak. Selain itu, kaum buruh juga berhadapan dengan PHK yang makin marak.

Di tambah lagi, kaum buruh  tidak mendapatkan kepastian bekerja karena statusnya kerja kontrak dan outsourcing. “Hah-hak berserikatpun di pasung. Negara yang seharusnya melindungi justru mengabaikan kewajiban konstitusinya,” kata Andik.

Karena itu, dalam peringatan Hari Buruh Sedunia besok, KSN akan mengusung isu perlawanan terhadap kapitalisme. Selain itu, KSN juga akan membawa sejumlah isu seperti  penolakan terhadap kenaikan harga BBM, menolak privatisasi BUMN, upah layak nasional, penghapusan sistim kerja kontrak dan outsourcing, dan hak berserikat kepada kaum buruh.

ABDUL MUNTHALIB

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut