Pedagang Asongan Pelabuhan Makassar Menolak Penggusuran

Seratusan pedagang asongan di pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar kembali menggelar aksi protes, Senin (30/4/2012). Mereka menolak rencana PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menggusur pedagang asongan.

Rencananya, PT. Pelindo akan menggusur semua pedagang asongan yang berdagang di sekitar pelabuhan Soekarno-Hatta pada tanggal 1 Mei 2012. Pihak Pelindo sendiri sudah melayangkan surat perintah pengosongan.

Bagi para pedagang, penggusuran itu akan sangat merugikan mereka dan berpotensi menghilangkan mata-pencahariannya. “Kalau kami digusur dari sini, mau kemana lagi kami harus mencari makan buat keluarga kami,” teriak seorang pedagang histeris.

Pihak Pelindo beralasan, lokasi para pedagang asongan itu, yakni di Line-2, akan menjadi areal pembangunan terminal kargo. Akhirnya, pihak Pelindo menjanjikan pihak pedagang akan direlokasi.

Akan tetapi, para pedagang punya pandangan lain. Bagi Dg Baji, Ketua Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI) yang mendampingi pedagang, relokasi itu bisa bermakna penggusuran.

Pasalnya, kata Dg Baji, para pedagang akan ditempatkan di daerah kurang strategis dan tidak terjangkau pembeli. Lama-kelamaan, jika sudah sepi pelanggan, para pedagang akan berhenti sendiri.

“Ini sama saja dengan penggusuran. Padahal, para pedagang itu adalah tulang punggung ekonomi keluarganya,” kata Dg Baji.

Dalam aksi tadi, pihak PT. Pelindo membuka dialog dengan pedagang. Beberapa wakil pedagang bertemu dengan pihak PT. Pelindo. Dalam pertemuan itu pihak PT. Pelindo menjanjikan relokasi pada tempat yang memadai.

Sayangnya, dalam data jumlah pedagang versi Pelindo hanya tercatat 48 orang pedagang. Padahal, data lama menyebutkan ada 78 pedagang.

PT. Pelindo juga berjanji akan memperhatikan tuntutan pedagang. Hanya saja, seperti diakuinya, PT. Pelindo masih akan berkoordinasi dengan instansi lain.

Pihak DPRD Kota Makassar sendiri sudah merekomendasikan agar para pedagang diberi hak berjualan di sekitar pelabuhan Soekarno-Hatta.

QADLIE F SULAIMAN

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut