Gerakan Rakyat Di Lampung Siap Sambut Petani Jambi

Aksi long march petani Jambi sudah mendekati wilayah Lampung. Dalam dua hari kedepan, petani Jambi diperkirakan sudah menginjakkan kaki di bumi Ruwa Jurai.

Merespon kedatangan petani Jambi itu, sejumlah organisasi rakyat di Lampung sudah mempersiapkan acara penyambutan. Organisasi yang menggagas penyambutan ini, antara lain, seperti Partai Rakyat Demokratik (PRD), Serikat Tani Nasional (STN), Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND).

Selain itu, Lembaga Adat Megou Pak Tulang Bawang (LAMP-TB) dan ribuan petani penggarap perluasan Register 45 Mesuji juga akan bergabung dalam aksi penyambutan tersebut.

“Ini adalah bentuk dukungan rakyat Lampung terhadap penyelesaian berbagai konflik agraria di Indonesia, termasuk di Jambi dan Lampung,” kata Sekretaris PRD Lampung, Rahmad.

Selain acara penyambutan, kata Rahmad, petani Jambi akan dilibatkan dalam rapat akbar dan diskusi dengan petani Lampung, khususnya di beberapa titik yang akan dilalui oleh aksi long march.

Acara penyambutan pertama akan dilakukan di perbatasan Sumsel dan Lampung, tepatnya di wilayah Mesuji. Novelia Sanggem, aktivis PRD yang menjadi koordinator penyambutan di wilayah Mesuji, mengungkapkan bahwa petani Mesuji sudah jauh-jauh hari menyiapkan acara penyambutan.

“Sejak satu minggu lalu petani Mesuji sudah memasang spanduk selamat datang di beberapa titik yang akan dilalui petani,” kata Novelia.

Selama di Mesuji, petani Jambi akan diajak bersilaturahmi dan berdiskusi dengan petani-petani Mesuji. Untuk kebutuhan penyambutan, PRD dan petani Mesuji sudah mempersiapkan posko.

Selain di Mesuji, penyambutan terhadap peserta aksi long march petani Jambi juga akan dilakukan di Tulang Bawang, Lampung Tengah, dan Bandar Lampung.

Andi Nursal

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut