Forum Mahasiswa Tuban Tolak Kunjungan Presiden SBY

Kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan rombongan di kabupaten Tuban, Jawa Timur, Rabu (12/3), diwarnai aksi protes.

Aksi protes tersebut digelar oleh puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Tuban. Mereka memulai aksinya dari kampus Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) menuju kantor Bupati Tuban.

Namun, ketika massa aksi baru tiba di jalan Pahlawan kota Tuban, mereka dicegat oleh aparat kepolisian. Sempat terjadi adu mulut antara massa aksi dengan pihak kepolisian.

Situasi makin memanas tatkala polisi merampas spanduk aksi dan merobek-robeknya. Mahasiswa yang tidak terima tindakan itu berupaya merebut kembali spanduk mereka.

Kericuhan berupa aksi saling-dorong pun tak terhindarkan. Dalam kericuhan itu, polisi menangkap 4 orang massa aksi, yakni Winda, Niha, Sudir, dan Ru’udin. Namun, setelah melalui negosiasi yang alot, keempat mahasiswa itu dibebaskan.

Setelah itu, massa aksi tetap melanjutkan aksinya menuju kantor Bupati Tuban. “Kami ingin menyampaikan sikap bahwa kami menolak kedatangan SBY di bumi Ronggolawe. Dia adalah boneka imperialisme,” kata Zainal Syafi’I, seorang peserta aksi.

Menurut Zainal, banyak kebijakan rezim SBY yang merugikan rakyat, terutama buruh, petani, kaum miskin, dan mahasiswa. Ia mengecam kebijakan liberalisasi ekonomi SBY yang memicu konflik agraria di mana-mana.

Dalam aksinya tersebut, Forum Mahasiswa Tuban mengusung empat tuntutan pokok, yakni menuntut pencabutan UU SJSN dan UU BPJS, pemberantasan korupsi, penyelesaian konflik agraria, dan pelaksanaan pasal 33 UUD 1945.

Aliansi ini merupakan gabungan dari empat organisasi mahasiswa, yakni Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Untuk diketahui, sebagai rangkaian kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Presiden SBY akan datang ke Tuban. Pada Kamis (13/3) pagi, Presiden SBY dan rombongan dijadwalkan akan mengunjungi Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Kecamatan Bulu, Tuban.

Roni Setiawan

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut