Forum Kebangsaan Kepung Kedubes Malaysia

JAKARTA:  Ratusan massa dari Forum Kebangsaan Indonesia (FKI) mendatangi Kedutaan Besar Malaysia, Kamis (26/8), di Jalan Rasuna Said, Jakarta. Massa FKI mengultimatum pihak Kedubes Malaysia agar segera angkat kaki dari Indonesia dalam tiga hari mendatang.

“Indonesia masih terbelenggu oleh neo-imperialisme, cengkerama kapitalisme global, pengangguran, kemiskinan serta akses lapangan yang sempit,” kata Haris Rusli Moti, wakil dari Petisi 28 saat orasi di depan kantor Kedubes Malaysia, siang tadi.

Menurutnya, Indonesia pernah menjadi bansa yang bermartabat, disegani di seluruh dunia, namun sekarang ini telah terpuruk akibat sikap pro-nekolim pemerintah sekarang ini.

Apalagi, menurutnya, kedaulatan Indonesia semakin sering diinjak-injak oleh bangsa lain, termasuk Malaysia. Meski begitu, lanjutnya, pemerintah Indonesia tidak terlihat memiliki keberanian sedikitpun untuk melawan Malaysia. “ “Kami berikan waktu tiga hari untuk angkat kaki,” ujarnya.

Aksi ini diikuti oleh sejumlah organisasi, diantaranya, Petisi 28, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Sementara itu, Sekjend LMND, Agus Priyanto memperingatkan pemerintahan SBY-Budiono agar berani mengambil tindakan tegas terhadap Malaysia. “Jika terhadap penghinaan Malaysia pemerintah tidak berkutik, bagaimana bisa melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia,” katanya.

Menurut Agus Priyanto, kedaulatan merupakan unsur terpenting sebuah bangsa untuk disebut merdeka, termasuk berdaulat dalam mengatur kehidupan ekonomi, politik, dan social budaya. “Jika kita tidak berdaulat lagi, lantas bagaimana bisa berbicara kesejahteraan rakyat,” tegasnya.

Aksi ini sempat memanas saat massa berusaha mendekati pintu gerbang kedubes Malaysia. Polisi bertindak cepat untuk menghalau massa, sehingga terjadi aksi dorong-dorongan.

Selain aksi yang digelar FKI, ada juga aksi serupa yang dilakukan massa Forum Betawi Rempug (FBR), yang menghadirkan ratusan massanya.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut