Indonesia Dorong Perundingan Enam Negara Untuk Atasi Krisis Semenanjung Korea

JAKARTA: Indonesia mendorong untuk menghidupkan kembali perundingan enam-pihak (Six Party Talks) untuk mencari solusi damai di Semenanjung Korea, Kata menteri Marty M Natalegawa pada hari Senin (2/8).

Dalam jumpa pers itu, Marty mengegaskan kepada wartawan bahwa Indonesia menyambut baik posisi Republik Demokrasi Rakyat Korea (DPRK) yang bersedia melakukan dialog tentang masalah ini.

“Situasi aman dan damai di daerah itu memberikan kontribusi terhadap pembangunan negara-negara di kawasan itu,” kata Natalegawa.

Dorongan ini muncul saat pembicaraan bilateral antara Natalegawa dan koleganya dari DPR Korea, Pak Ui Chun, yang dijadwalkan berada di Indonesia semala lima hari.

Dia mengatakan bahwa Indonesia tidak akan mendukung upaya lain selain pembicaraan enam-pihak antara DPRK, Republik Korea (ROK), Cina, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang.

Natalegawa mengatakan bahwa ini adalah sebuah kebutuhan bahwa setiap masalah harus diselesaikan secara damai. “ini awal yang baik. Ketidakpastian akan menciptakan situasi yang kurang menguntungkan untuk kawasan itu,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa DPRK telah memperjuangkan kesetaraan dalam pembicaraan enam-pihak.

“Ini berarti bahwa semua pihak harus menghormati kedaulatan setiap negara,” katanya.

Menurut Natalegawa, Indonesia berada dalam posisi yang sangat baik dalam mempromosikan dialog secara damai mengingat bahwa Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan DPRK dan ROK (Korea Selatan).

Indonesia adalah negara keempat yang dikunjungi oleh Pak Ui Chun setelah Vietnam, Laos dan Myanmar.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut