Dilma Rousseff Memimpin Jajak Pendapat Menjelang Pemilu Brazil

Calon Presiden dari Partai Buruh, Dilma Rousseff, memimpin pooling jajak pendapat untuk pemilu umum Oktober mendatang, dengan 41%.

Menurut survey yang dikeluarkan oleh lembaga Datafolha Institute for TV Globo dan Sao Paulo daily Folha, kandidat oposisi Jose Serra, dari Partai Sosial Demokrasi Brazil (PSDB), berada di tempat kedua, dengan perolehan 33%, dan kandidat dari Partai Hijau, Marina Silva, berada diurutan ketiga dengan perolehan 10%.

Ini adalah pertama kalinya dalam empat kali suvery Datafolha, bahwa Partai Buruh (PT) sangat yakin untuk mengalahkan saingannya dari PSDB dalam pemilu 3 Oktober mendatang.

Akhir Mei, Dilma menempati posisi kedua, dengan 36% suara dan pada bulan Juli ia berhasil menambah 1 point suara menjadi 37%.

Serra memulai dengan 36% pada bulan Mei, meningkat menjadi 39 di bulan Juli dan lalu turun menjadi 37% pada survey terakhir.

Datafolha melakuka wawancara terhadap 10.856 rakyat Brazil dari 382 kotamadya, dengan marjin error kurang lebih 2 point.

Dengan margin error segitu, Dilma akan memimpin, dengan 39 menjadi 43% dari potensi suara, diikuti oleh Serra dengan 31-35 suara, dan Marina dengan 8-12 % suara.

Tak satupun dari enam kandidat presiden lainnya, di luar dari ketiga kandidat di atas, berhasil mendapatkan satu persen, sementara 9% pemilih belum memastikan pilihan dan sebanyak 5% yang tidak merespon.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Tags: