Demonstran Berikan Rapor Merah Kepada SBY-Budiono

SURABAYA: Para mahasiswa di Surabaya berusaha memperlihatkan kegagalan total pemerintahan SBY-Budiono dengan menjejerkan rapor merah terkait kinerja pemerintahan ini di segala bidang.

Langkah tersebut diambil untuk memudahkan sosialisi kepada masyarakat, bahwa SBY-Budiono memang sudah terbukti gagal.

Dalam aksinya di depan Gedung Grahadi Surabaya, mahasiswa menuliskan rapor SBY-Budiono melalui kertas yang tertempel di karton. Aksi ini dilakukan oleh Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Organisasi Rakyat Stren Kali (Orasek), dan PMKRI.

Arif Fachrudin Achmad, yang memimpin aksi para mahasiswa ini, mengatakan kepada Berdikari Online bahwa penilaian tersebut dibasiskan pengamatan terhadap kinerja SBY selama setahun dan konsultasi dengan berbagai kelompok masyarakat.

Adapun nilai rapor SBY-Budiono versi mahasiswa, yaitu: kesejahteraan rakyat (1,01), pendidikan (4), kesehatan (3), pertahanan dan keamanan (1,5), ketahanan pangan (1,3), dan perlindungan industri nasional (2,7).

Tidak hanya pemerintahan SBY-Budiono, mahasiswa pun menghadiahi epemimpinan Gubernur Jawa Timur Soekarwo-Saifullah Yusuf dengan rapor merah. Di antaranya, perlindungan terhadap kelompok minoritas (3,1), Pelayanan kesehatan (3,5), dan sektor pendidikan (4).

Ketika hendak mengakhiri aksinya, massa melemparkan peralatan masak dan dapur ke arah poster SBY dan Soekarwo.

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut