Demo Pelantikan DPRD, Belasan Mahasisa Tuban Ditangkap

Tuban.jpg

Prosesi pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, diwarnai aksi massa oleh puluhan mahasiswa.

Namun, aksi massa yang digelar oleh mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Tuban tersebut tidak berlangsung lama. Pasalnya, ketika massa aksi berusaha merengsek masuk ke halaman kantor DPRD, mereka dibubarkan oleh polisi.

Polisi tak hanya memukul mundur massa aksi, tetapi juga menangkap 17 orang mahasiswa. Mereka kemudian diangkut dengan truk ke Markas Polres Tuban. Dan, hingga berita ini diturunkan, belasan aktivis mahasiswa tersebut belum dibebaskan.

Awalnya, sekitar pukul 09.00 WITA, puluhan massa aksi Forum Mahasiswa Tuban ini mulai menggelar aksi secara damai. Mereka menuntut agar anggota DPRD yang baru saja dilantik benar-benar berpihak pada rakyat.

Selain itu, para mahasiswa juga mendesak agar organisasi rakyat dilibatkan dalam proses perumusan kebijakan di DPRD. Tak hanya itu, massa aksi juga mendesak anggota DPRD yang baru dilantik bisa bersikap tegas terhadap investasi asing yang berwatak imperialistik di Kabupaten Tuban.

Forum Mahasiswa Tuban ini merupakan gabungan dari sejumlah organisasi mahasiswa, yakni Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), dan Koalisi Perempuan Ronggolawe.

Syaiful Anwar

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut