Chavez: Revolusi Selamatkan Rakyat Dari Kemiskinan Ekstrem

Presiden Venezuela, Hugo Chavez, mengingatkan pada hari Selasa ( 27/3/2012) bahwa Revolusi Bolivarian telah menyelamatkan 3 juta rakyat Venezuela dari kemiskinan ekstrem.

Angka tersebut tidak bisa dibilang sedikit. Penduduk Venezuela sendiri hanya berkisar 28 juta orang. Sedangkan Revolusi Bolivarian berjalan sudah lebih 13 tahun terhitung sejak Chavez pertama kali menduduki kursi presiden pada 2 Februari 1999.

Chavez, yang sedang menjalani pengobatan kanker di Havana, Kuba, mengatakan: “hampir 6 juta orang hidup susah di Venezuela saat ini. Tetapi berkat revolusi, kemiskinan ekstrim tinggal 7% dari total penduduk. Itu 2,5 juta orang.”

Pada tahun 1998, sebelum Chavez menjadi Presiden, kemiskinan ekstrem mencapai 5,5 juta orang. “Itu 20,3% dari populasi. Ini sangat tidak berkelanjutan. Kemiskinan ekstrim, dimana rakyat tidak punya apa yang bisa dimakan dan bahkan tidak tahu bagaimana memberi makan anaknya,” kata Chavez.

Chavez berusaha memberi perkiraan matematis. Seandainya kapitalisme memerintah Venezuela 20 tahu lagi, kata dia, kemiskinan ekstrem bisa mencapai 20%, sebuah penderitaan yang terus meningkat seperti di Eropa dan AS.

Chavez menegaskan, jembatan utama untuk memerangi kemiskinan di era pemerintahannya adalah misi atau program sosial.

“Kami sedang meletakkan dasar bagi revolusi sosial di dalam revolusi itu sendiri. Sehingga, dengan demikian, kemiskinan bisa menjadi nol. Dan itu hanya mungkin jika mengambil transisi menuju sosialisme,” kata Chavez.

Kebijakan program sosial di bawah revolusi Bolivarian berkontribusi dalam menurunkan orang yang rentan kemiskinan di bawah 30% dan menurunkan kemiskinan ekstrem hingga 7%.

Chavez membandingkan capaian ini dengan kejadian umum di negeri-negeri kapitalis, dimana kemiskinan rentan mencapai separuh dari penduduk dan kemiskinan ekstrem berkisar 20% dari jumlah penduduk.

RAYMOND SAMUEL, Kontributor Berdikari Online

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut