Chavez: Obama Adalah Penipu Besar

Presiden Republik Bolivarian Venezuela, Hugo Chavez, membalas pernyataan yang dilontarkan oleh Presiden AS, Barack Obama, yang mengeritik kerjasama antara Venezuela dengan Kuba dan negara-negara lain.

Chavez meminta Obama mengurus kaum miskin di negaranya, yang sejak datangnya musim dingin mengalami pemotongan anggaran sosial sehingga kesulitan membiayai sistim pemanas di dalam rumah mereka.

“Obama adalah sepenuhnya penipu. Ia memotong bantuan sosial minyak pemanas rumah untuk rakyat miskin,” kata Chavez dalam pertemuan kabinet di istana Miraflores, Caracas, Venezuela, 20 Desember 2011.

Dalam menghadapi situasi itu, Chavez mengadakan pembicaraan khusus dengan menteri perminyakan Venezuela, Rafael Ramirez, untuk meningkatkan dukungan Citgo (anak perusahaan PDVSA) terhadap kaum miskin AS selama datangnya musim dingin di negeri tersebut.

Untuk diketahui, Venezuela punya program energi murah untuk membantu rumah tanggi miskin di AS saat menghadapi musim dingin. Program ini dijalankan oleh CITGO, anak perusahaan minyak Venezuela PDVSA, kepada sedikitnya 500 ribu rumah tangga miskin di AS setiap musim dingin.

Menurut Chavez, Obama hanya mencari suara dengan melancarkan kritik dan mengklaim dirinya bekerja dengan “orang baik” di Amerika Serikat.

“Obama akan kalah dalam pemilu. Tapi dengan “kritik” ia berharap memenangkan suara. Anda seorang penipu, benar-benar seorang penipu. Jika aku menjadi kandidat Presiden AS, aku akan mengalahkanmu. Aku akan mengalahkamu dengan 80-20. Aku akan mengalahkan anda dengan orang-orang baik yang anda miliki,” kata Chavez.

Lebih lanjut, Chavez meminta Obama mengurus persoalan di negaranya sendiri dan tidak usah mencampuri urusan internal negara lain. Ia juga meminta Obama tidak perlu berpura-pura kritis terhadap Venezuela-Kuba hanya demi meraup suara dalam pemilu AS.

RAYMOND SAMUEL

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
  • hardodi

    kira-kira sby bisa sperti chavez mengkritik orang nomor satu negara besar amerika serikat.jika tidak apakah akan ada sosok chavez yang akan muncul ke indonesia pada pemilu tahun 2014…

  • BARAKUDA

    TIDAK AKAN ADA!!

    ANDAI SAJA MASSA RAKYAT DAN PARA PASUKAN PERTAHANAN IKUT ANDIL DALAM PERGERAKAN BESAR YANG DIATAS MAUPUN DIBAWAH TENTU ITU AKAN MENYULUT API REVOLUSI UNTUK KE-TIGA KALINYA!!

    SALAM REVOLUSI UNTUKMU NEGERIKU INDONESIA-ku!!

  • NN

    Tidak mungkin, sebab sby dan antek-anteknya selama ini selalu mengambil kebijakan yang menguntungkan Amerika dan negara luar lainnya. Lihat saja, begitu banyak perusahaan asing yang diberikan izin untuk membuka perkebunan/pertambangan baru dengan semena-mena tanpa memperhatikan daya dukung lingkungan, bukan hanya terhadap keseimbangan alam, juga kehidupan sosial masyarakat disekitarnya.