Aliansi Rakyat Tolak Pertemuan APEC Di Surabaya

Aksi massa Aliansi Rakyat Tolak APEC di Surabaya, Jawa Timur

Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Tolak APEC menggelar aksi massa di depan Hotel JW Marriott Surabaya, Sabtu (6/4). Mereka menolak pelaksanaan pertemuan Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC) di kota Surabaya.

“Kami menolak pertemuan ini. Bagi ini, ini jelas-jelas agenda imperialisme. Rakyat Indonesia tidak akan diuntungkan oleh pertemuan ini. Sebaliknya, ini akan menjadi ajang konsolidasi kapital asing untuk menguasai sumber daya alam negara dunia ketiga, termasuk Indonesia,” kata koordinator aksi, Hendri Kurniawan.

Menurut Hendri, selama ini APEC hanya menjadi instrumen untuk perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, menurut dia, negara yang diuntungkan dari konsolidasi APEC ini hanya negeri-negeri imperialis, khususnya Amerika Serikat.

“Kami menuntut agar Indonesia keluar saja dari APEC. Kerjasama ini tidak menguntungkan rakyat. Yang terjadi, Indonesia kehilangan kedaulatan ekonomi dan politiknya,” tegas Hendri.

Selain menolak pertemuan APEC, Aliansi Rakyat juga menolak rencana pengesahan RUU Ormas. Menurut mereka, RUU tersebut akan mengekang kebebasan berserikat dan menyatakan pendapat.

Aliansi Rakyat Tolak APEC merupakan gabungan dari Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), PPRM, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Forum Kalimas, SBSI, Kontras, dan WALHI.

Untuk diketahui, pertemuan Tingkat Menteri APEC akan digelar tanggal 6 hingga 21 April mendatang. Pertemuan itu akan berlangsung di hotel, yakni JW. Marriot dan Sheraton.

Kamaruddin Koto

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut