Aksi Massa BBM Di Yogja Berujung Bentrok, 6 Massa Aksi Dilarikan Ke Rumah Sakit

Demo jogja.jpg

Aksi massa menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak di Jogjakarta, Kamis (27/11/2014), kembali berujung bentrok. Dalam bentrokan tersebut, enam mahasiswa mengalami luka parah dan dilarikan ke rumah sakit.

Awalnya, sekitar pukul 14.45 WIB, seratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Se-Jogjakarta menggelar aksi massa menuntut pembatalan kenaikan harga BBM di pertigaan depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Dalam aksi tersebut, mahasiswa mengusung keranda bertuliskan ‘Telah Meninggal Dunia Keadilan Di Indonesia’. “Ini adalah simbolisasi keadaan yang terjadi di Indonesia saat ini. Pemerintah tidak punya lagi rasa keadilan bagi rakyatnya,” kata Ardy Syihabuddin, salah seorang juru bicara dalam aliansi ini kepada Berdikari Online.

Dalam aksinya massa aksi sempat memblokir jalan. Akibatnya, jalanan di sekitar lokasi aksi mengalami kemacetan. Tak hanya itu, massa aksi juga membakar ban bekas dan menggelar mimbar bebas di tengah jalan.

Aparat keamanan pun bertindak. Tak menununggu lama, pecah bentrokan antara mahasiswa dengan aparat kepolisian. Akhirnya, karena dihujani tembakan gas air mata, massa mahasiswa memilih mundur ke dalam kampus UIN Sunan Kalijaga.

Namun demikian, kendati terpukul mundur, massa aksi mahasiswa masih terus melawan. Pada saat itulah polisi terus merengsek maju bersama dengan sejumlah orang yang ditengarai ‘preman’. Karena kalah imbangan kekuatan, mahasiswa pun masuk ke kampus dan menutup gerbang kampus.

Bentrokan itu menyebabkan 6 orang peserta aksi ditangkap dan dipukuli hingga babak belur oleh aparat keamanan. Mereka kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Aliansi Mahasiswa se-Jogjakarta merupakan gabungan dari sejumlah organisasi mahasiswa dan kampus, seperti Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI), REPDEM, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), SEKBER, FAM-J, PEMBEBASAN, Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) cabang UII, CAKRAWALA, KP-FMK, BEM UIN, BEM KM UGM, FL2MI, PPI, PPR,  dan KPO-PRP.

Medi Muamar

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut