5 Cara Menabung Untuk Beli Smartphone Impian

Smartphone yang selalu mengalami pembaruan model dan fitur yang lebih canggih, tentu membuat semua orang ingin memilikinya. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan secara finansial untuk terus menerus memperbarui smartphone yang dimilikinya. Mereka harus menabung demi mendapatkan smartphone terbaru yang diimpikan.

Tapi, mengumpulkan uang tidak semudah yang dibayangkan. Karena tidak mungkin seseorang hanya mengumpulkan seluruh uangnya tanpa ada pengeluarannya. Untuk itulah diperlukan manajemen finansial yang baik demi bisa menabung dan meraih apa yang diimpikan, dalam hal ini adalah menabung untuk membeli smartphone terbaru.

Lantas, bagaimana tips yang bisa dilakukan sebagai cara menabung untuk beli smartphone impianmu? Berikut adalah tips yang bisa dilakukan.

1. Kurangi kebiasaan konsumtif

Konsumtif merupakan salah satu kebiasaan yang harus dihindari, apalagi saat ada barang yang ingin dibeli. Pengertian konsumtif sendiri adalah membeli sesuatu tanpa memperhitungkan secara matang tentang apa yang dibeli benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Untuk siapa saja yang ada rencana menabung, sifat merugikan ini harus dihilangkan. Menuruti kepuasan yang tidak ada habisnya akan menganggu kegiatan menabung. Target menabung tidak akan pernah tercapai.

2. Buat laporan keuangan pribadi

Agar tabungan cepat terkumpul maka hal yang perlu dilakukan adalah membuat laporan atau catatan keuangan pribadi. Setiap ada pengeluaran meski seremeh apapun masukkan ke dalam catatan. Ini untuk melihat arus kas.

Jika arus kas terlihat secara otomatis dapat mengetahui juga seperti apa kondisi keuangan yang ada. Jika masih banyak pengeluaran tidak penting segera hentikan dan fokuskan uang untuk menabung.

3. Sisihkan Uang di Awal

Ketika menerima gaji, baiknya segera ambil sebagian untuk dimasukkan ke dalam tabungan. Jangan gunakan uang gaji untuk berbelanja sebelum mengambil bagian uang yang ditabung. Hal ini akan membuat jumlah uang yang disisihkan akan berkurang dari yang sudah ditentukan.

Cara lebih mudahnya adalah dengan menggunakan hitungan 50:30:20. Jadi dari penghasilan tiap bulan langsung ambil 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% masukkan tabungan, dan 20% untuk keinginan. Dengan demikian tabungan akan segera terkumpul.

Anda bisa menyisihkan uang ini dengan rekening online yang Anda punya. Karena dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini, banyak aplikasi yang bisa dijadikan untuk menyimpan uang yang Anda sisihkan.

4. Budgeting

Ini merupakan cara paling dasar untuk bisa berhemat sehingga bisa menabung. Saat akan berbelanja kebutuhan sehari-hari, buatlah daftar barang yang akan dibeli beserta perkiraan harganya. Jika sudah pilih lagi barang apa saja yang urgent dan barang mana yang tidak perlu dibeli.

Saat sudah tahu barang atau kebutuhan pokok yang harus dibeli akan terlihat juga kisaran harga dari semua barang pokok tersebut. Pastikan ketika belanja membeli sesuai catatan dan usahakan tidak sampai mengeluarkan uang lebih besar dari budget yang dibuat.

5. Tentukan Smartphone Apa yang Ingin Dibeli

Jenis smartphone terbaru di pasaran sangat banyak sekali, dan selalu terdapat pembaruan dalam waktu dekat. Untuk itu, Anda harus menentukan terlebih dahulu smartphone mana yang ingin dibeli, lalu dicari tahu harga dari smartphone tersebut. Tetapkan jumlah uang yang harus ditabung secara rutin agar target menabung cepat tercapai, pastinya harus sesuai dengan kemampuan.

Jika ingin kegiatan menabung bisa berjalan dengan lancar maka ada satu aplikasi yang cocok sekali digunakan yaitu Senyumku. Sebuah produk dari bank konvensional legal dan terpercaya yang pasti aman dan membuat menabung jadi menyenangkan.

Fitur yang ada pada aplikasi Senyumku sangat cocok untuk orang yang sedang berusaha menabung. Dengan aplikasi Senyumku bisa dengan mudah membuat laporan keuangan pribadi, sehingga target menabung terpenuhi dalam waktu singkat.

Share your vote!


Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid