Warga Jalan Mataram RT 08 Kemasrindo Gotong Royong Bersihkan Saluran Air.

Memasuki musim hujan, warga jalan Mataram RT 08 RW 02 Kelurahan Kemasrindo, Kecamatan Kertapati, kota Palembang, melakukan gotong royong membersihkan saluran air dan membangun saluran air, Minggu (30/9).

Pagi-pagi warga sudah mulai berdatangan ke lokasi dengan membawa peralatan seperti cangkul, parang, arit, palu. Dengan semangat warga mulai menebas rumput yang menghalangi jalan nya air serta mengangkat sampah rumah tangga yang menumpuk di saluran air sepanjang 70 meter.

Ketua RT 08, Sumina, menjelaskan, gotong royong hari ini sebagai antisipasi banjir saat musim hujan datang.

“Kalau untuk air dari rumah tangga saja, saluran air ini masih dapat menampung air. Tetapi jika musim hujan dan curah hujan cukup tinggi, maka air sangat lambat surut, bahkan pernah air tergenang hingga kedalam rumah warga,” ujar nya.

Hal senada juga disampaikan ketua RW 02, Rustam Isandi, bahwa selain membersihkan saluran air sepanjang 70 meter, mereka juga sedang membangun jaringan saluran air menggunakan buis yang akan melintasi RT 08, 05 dan 06 menuju sungai keruk sebagai usaha mengatasi persoalan banjir.

“Dulu di kampung kami ini masih jarang penduduknya dan sekarang sudah sangat padat sehingga sudah tidak memungkinkan lagi mengandalkan rawa–rawa yang sudah semakin sempit,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kemasrindo, Eka Subakti, SE, yang juga hadir pada gotong royong ini mengatakan, kegiatan seperti ini mesti terus di pelihara, terutama terkait persoalan saluran air yang menjadi masalah umum di Kertapati.

Eka juga meminta hal ini di usulkan dalam musrenbang sebagai prioritas pada APBD kota Palembang tahun anggaran 2013. “Kami dari Karang Taruna Kemasrindo akan segera membuat usulan ke Lurah Kemasrindo dan akan mengawal program ini hingga musrenbangda tingkat kota”.

Duta

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut