Warga Jakarta Inginkan Perubahan

Sebagian besar warga Jakarta menginginkan perubahan. Hal ini tergambar sangat jelas dari hasil survei Pusat Kajian Politik (Puskapol) FISIP yang baru saja dirilis pada hari Minggu, 22 Maret 2012.

Hasil survei itu antara lain menemukan bahwa sebanyak 75.72% respon menginginkan agar Pilkada DKI mendatang diwarnai kontestasi gagasan dan solusi programatik. Sedangkan 23.45% responden menganggap hal itu tidak penting.

Kesimpulan diatas diperkuat oleh kuatnya level ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintahan di DKI Jakarta sebelumnya. Hasil survei Puskapol UI mengungkapkan, sebanyak 53.50% respon menganggap kinerja Gubernur DKI Jakarta saat ini pada level “biasa saja”.

“Bahkan ada 37.06% responden menyatakan ‘tidak puas’ dengan kinerja Gubernur DKI Jakarta saat ini,” kata Dirga Ardiansa, peneliti Puskapol UI, di Hotel Ibis, Jakarta, Minggu (22/4/2012).

Tingkat  partisipasi warga dalam pilkada mendatang juga diperkirakan cukup tinggi. Ini terungkap pula dari hasil survei: mayoritas responden (80,72%) menyatakan bersedia datang ke TPS untuk memilih.

Meski demikian, terkait kemampuan para kandidat Gubernur dalam menyelesaikan persoalan Jakarta, mayoritas (59.2%) respon mengaku belum tahu atau ragu-ragu akan kapasitas para kandidat. Bahkan 17.6% responden yang mengaku skeptis dan menilai tidak ada kandidat yang mampu atasi masalah Jakarta

“Hanya 23.1% responden mengakui kemampuan para kandidat bisa mengatasi sederetan masalah yang mendera DKI Jakarta,” ungkap Dirga.

Survei juga mengungkapkan, di mata sebagian besar responden, masalah yang harus prioritas harus diselesaikan adalah soal kemacetan. Bahkan 37.9% responden menuntut agar masalah kemacetan ini terselesaikan di tahun pertama masa jabatan Gubernur terpilih mendatang.

“Ada tuntutan kuat agar gubernur terpilih dapat membereskan masalah macet dan banjir dalam dua tahun saja,” ujar Dirga.

Tetapi untuk masalah kesejahteraan, seperti kemiskinan dan perlindungan pedagang kecil, mayoritas responden (62%) meminta gubernur terpilih membereskannya pada satu tahun pertama.

Andi Nursal

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut