Tunawisma Di Chile Menggelar Aksi Protes

Sekelompok tunawisma di kota Santiago, Ibukota Chile, menggelar aksi massa di kantor Balaikota setempat, Kamis (23/5/2013). Aksi damai para tunawisma tersebut menuntut tanggung-jawab pemerintah terkait pemuhan hak dasar mereka sebagai manusia.

Menurut media setempat, kelompok tunawisma ini umumnya tinggal di dekat rumah sakit di Barros Luco di San Migue, sebuah daerah di Santiago selatan. Menurut  El Mostrador, mereka menuntut kepada Walikota Julio Palestro untuk menyediakan kondisi kehidupan yang lebih baik, seperti perumahan, kesehatan, dan hak manusia lainnya.

Mereka, yang sangat rentan dengan kondisi musim dingin, meminta semacam hotel atau tempat penampungan yang bisa dikelola secara kolektif oleh mereka sendiri. Mereka juga ingin pemerintah punya program perumahan sosial untuk tunawisma.

Selain itu, mereka menuntut pusat psikiater, pusat rehabilitasi dan dukungan bagi orang yang ketergantungan alkohol dan obat-obatan. Mereka juga menuntut pensiun atau jaminan sosial dari pihak Kementerian Sosial.

Demonstrasi ini terjadi hanya beberapa hari setelah Menteri Pembangunan Sosial Chile membuka pintu stadion Victor Jara di pusat kota Santiago sebagai tempat penampungan bagi tuna wisma dan anak-anak jalanan yang butuh tempat perlindungan di musim dingin.

Yayasan Rakyat Jalanan, sebuah organisasi LSM di Chile yang bekerja untuk memulihkan hak dan martabat mereka yang hidup di jalanan, menciptakan program perumahan yang disebut Comunidad Laboral pada Desember 2012 dengan tempat tidur 30 buah.

Namun, menurut Direktur organisasi ini, Francisco Román, dibutuhkan lebih banyak langkah pencegahan dan pendidikan untuk isu sosial semacam ini. “Di sini selalu ada orang baru yang hidup di jalanan,” katanya.

Tingginya tunawisma dan manusia jalanan di kota-kota besar di Chile tidak terlepas dari ketimpangan ekonomi dan ketidadilan yang meningkat sejak kediktatoran Pinochet menerapkan neoliberalisme.

Raymond Samuel

Apa reaksi Anda atas artikel ini?
  • Terinspirasi
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut